Dark/Light Mode

Belajar Dari Covid-19

Panglima TNI Bakal Bentuk Satuan Nubika

Selasa, 10 November 2020 08:48 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (Foto: Istimewa)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Hadi menjelaskan, satuan Nubika di angkatan Laut bisa dimulai dengan kapal-kapal rumah sakit yang lebih dimaksimalkan, baik dari segi alat maupun sumber daya manusia.

Baca juga : Bertahan Di Tengah Pandemi, Royal Xifu Terus Inovasi Banyak Varian Rasa

Apalagi, kata dia, sejumlah kapal rumah sakit yang telah tersedia saat ini pada kenyataannya belum terdapat ruang isolasi khusus yang bisa digunakan untuk mengevakuasi prajurit terinfeksi saat bertugas. “masing-masing akan memiliki satu kapal rumah sakit yang dilengkapi juga dengan ruang isolasi. ruangan itu akan dilengkapi dengan sistem kesehatan,” jelasnya.

Baca juga : Airlangga Berharap Bahan Baku Vaksin Covid-19 Tiba Bulan Depan

Tak hanya kapal rumah Sakit, Hadi juga mulai memikirkan untuk melengkapi semua peralatan rumah sakit di darat. menurutnya, rumah sakit TNI di seluruh Indonesia akan dilengkapi dengan ruangan isolasi yang dapat digunakan untuk prajurit yang terkena virus.

Baca juga : Cara Bedakan Flu Biasa Dan Covid-19 Dari Masa Inkubasinya

Hadi berharap bisa memiliki satu laboratorium dengan BSL level III atau IV. Di mana lab BSL itu bisa digunakan untuk membiakkan virus sehingga bisa menjadi vaksin yang bisa disuntikkan kepada prajurit. “Mau tidak mau kita harus memiliki satuan Nubika yang mampu memitigasi apabila terjadi serangan biologi, seperti yang saat ini sedang terjadi,” katanya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.