Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jokowi Dorong Penguatan Kemitraan ASEAN-Selandia Baru di Pasifik

Sabtu, 14 November 2020 11:50 WIB
Jokowi Dorong Penguatan Kemitraan ASEAN-Selandia Baru di Pasifik

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Selandia Baru yang digelar secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (14/11).

Di awal sambutannya, Presiden mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Jacinda Ardern sebagai Perdana Menteri (PM) Selandia Baru.

Baca juga : Jokowi Bertemu Empat Negara Mitra ASEAN

“Saya ingin mulai dengan menyampaikan ucapan selamat atas mandat baru PM Jacinda sebagai PM Selandia Baru. Hari ini, ASEAN-Selandia Baru merayakan 45 tahun kemitraannya,” ujar Jokowi, yang didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretariat Kabinet Pramono Anung. 

Jokowi mendorong penguatan kemitraan ASEAN-Selandia Baru dalam beberapa isu. Pertama, memperkuat kemitraan di Pasifik diperkuat. Menurutnya, hubungan Selandia Baru dengan negara-negara Pasifik Selatan cukup kuat. Untuk itu, Indonesia dan ASEAN juga ingin memperkuat kemitraan dengan negara-negara Pasifik Selatan.

Baca juga : Jokowi : Kemitraan ASEAN-Korea Selatan Harus Menjamin Ketersediaan Obat Dan Vaksin Corona

“Hubungan baik dapat kita gunakan untuk memperkuat kemitraan dengan Pasifik Selatan. Termasuk, bidang perikanan dan perubahan iklim. ASEAN Outlook on the Indo-Pacific tentunya dapat dijadikan pijakan bagi pengembangan kerja sama dengan Pasifik Selatan,” jelasnya.

Kedua, memperkuat kerja sama multilateralisme ASEAN-Selandia Baru. "Kita harus pastikan, multilateralism delivers for all,” imbuhnya.

Baca juga : Jokowi Ajak ASEAN Dan India Perkuat Kerja Sama

Ketiga, sebagai salah satu perwujudan multilateralisme, ASEAN-Selandia Baru perlu memperkuat integrasi ekonomi kawasan yang saling menguntungkan.

Oleh karena itu, Indonesia menyambut baik keputusan Selandia Baru untuk menandatangani RCEP atau Regional Comprehensive Economic Partnership. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.