Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Telaga Batu Arang, Bekas Tambang Disulap Jadi Telaga Cantik

Senin, 16 November 2020 13:07 WIB
Telaga Batu Arang, Sangatta, Kalimantan Timur . [Foto: IG nasrimon_nasri]
Telaga Batu Arang, Sangatta, Kalimantan Timur . [Foto: IG nasrimon_nasri]

RM.id  Rakyat Merdeka - Kegiatan pertambangan kerap kali meninggalkan lahan dengan kondisi banyak lubang galian. Reklamasi pasca tambang menjadi upaya yang harus dilakukan. Hal ini demi mengembalikan lahan, agar bisa dimanfaatkan dan produktif kembali, salah satunya untuk wisata.

Hal ini ditegakan Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM, Agung Pribadi. Reklamasi pasca tambang yang baik, ujarnya, menjadi indikator, bahwa perusahaan peduli dengan keberlangsungan lingkungan, baik bagi lahan itu sendiri, maupun membangun masyarakat sekitar.

“Untuk tempat wisata alam dan edukasi misalnya, jika dikelola dengan baik, bisa membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitarnya," jelas Agung, di Jakarta, Sabtu (14/11/2020).

Baca juga : Keren, Kolong Tol Disulap Jadi Taman Bermain Dan Kebun Sayur

Dia memisalkan, bekas lahan tambang menjadi telaga cantik hadir di Telaga Batu Arang (TBA), Sangatta Kalimantan Timur. Ini merupakan reklamasi pasca tambang milik PT Kaltim Prima Coal (KPC).

Dengan mengangkat konsep eco tourism, lanjut Agung, kawasan seluas 270 hektare dengan telaga seluas 12,43 hektar ini telah direklamasi sejak 2001. Kini, kondisinya menjadi wisata edukasi, kebun botani dan hewani.

Berdasarkan keterangan resmi KPC disebutkan, telaga di TBA yang sebelumnya merupakan kolam pengendapan, telah berubah menjadi objek wisata utama dan keanekaragaman hayati, melalui rehabilitasi lahan, juga telah mengundang berbagai hewan endemic.

Baca juga : Sandiaga Uno Bagikan Tips Usaha Kopi Di Tengah Pandemi

Air dari telaga dikategorikan kelas A. Yakni air baku air minum oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan dapat menjadi sumber air PDAM. Selain telaga, beberapa area yang bisa dikunjungi saat ini yakni, Bukit Pandang, yang menyajikan pemandangan ke berbagai arah, mencakup Taman Nasional Kutai (TNK), Sungai Sangatta, Tambang KPC dan keindahan danau secara menyeluruh.

Hingga saat ini, masih menurut Agung, Telaga Batu Arang masih dalam proses penyiapan infrastruktur dan ujicoba berbagai obyek wisata yang ada. Sehingga baru dipakai untuk acara perusahaan dan kalangan terbatas.

“Diharapkan, saat lokasi reklamasi pasca tambang ini sudah siap untuk objek wisata, akan menggerakan ekonomi masyarakat sekitar tambang,” pungkasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.