Dark/Light Mode

Keren, Kolong Tol Disulap Jadi Taman Bermain Dan Kebun Sayur

Senin, 16 November 2020 07:18 WIB
Kebun sayur yang berada di kolong tol Becakayu di Cipinang Melayu, Jakarta Timur. (Foto: Antara)
Kebun sayur yang berada di kolong tol Becakayu di Cipinang Melayu, Jakarta Timur. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak lahan kosong yang disalahgunakan di Jakarta. Terutama di bawah tol maupun flyover. Sebaiknya seluruh lahan ini dimanfaatkan menjadi ruang publik. Seperti kolong Jalan Tol Bekasi - Cawang - Kampung Melayu (Becakayu), Cipinang Melayu, Jakarta Timur, sudah disulap menjadi taman dan ruang publik. ada lintasan sepeda dan kebun sayur.

Sebelumnya, lahan ini dipakai untuk garasi ilegal kendaraan warga. Kemudian dipungut biaya oleh oknum. Bahkan, lahan yang berada di RW 03, Kelurahan Cipinang Melayu di sisi Selatan saluran Kalimalang ini, menjadi tempat tidur pemulung dan pool barang bekas. Selain itu, menjadi pool angkutan umum. Kondisinya kumuh sekali.

Baca juga : PKS Tolak Sirekap Pedoman Hitungan Suara

Melihat itulah, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur menyulap kawasan itu menjadi ruang publik yang berguna bagi warga. Nama taman ini Pilar Jati Bike Park.

Sejumlah petugas Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), petugas Penanaganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) masih mengerjakan bagian taman yang belum rampung. Seperti mengecat ban warna warni di pinggir kali, merapikan lintasan, dan menger jakan fasilitas lainnya.

Baca juga : Ungguli Trump di Georgia, Biden Makin Dekat Ke Gedung Putih

Pilar-pilar jalan tol dilukis dengan berbagai gambar yang kreatif. Termasuk peringatan untuk mencegah penyebaran Virus Corona, seperti 3M, yakni Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan. Para petugas ini juga rutin mengingatkan warga yang datang untuk patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan menjalankan 3M.

Warga antusias bermain di sana. Terutama para pesepeda. nampak belasan anak-anak mencoba lintasan tanah padat ini. Terdapat semacam lintasan roller dilengkapi dengan lima gundukan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.