Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Digelar Virtual, Wayangan Wibisana Tundung Ditonton Sampai Amerika

Minggu, 1 November 2020 10:14 WIB
Pagelaran virtual Wayang Kulit Wibisana Tundung. (Foto: Istimewa)
Pagelaran virtual Wayang Kulit Wibisana Tundung. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pagelaran Wayang KulitWibisana Tundung” sukses diselenggarakan virtual dari Eromoko, Wonogiri, Jawa Tengah. Pagelaran ini tak biasa. Lantaran disaksikan sekitar 600 penonton dari berbagai belahan dunia.

Acara yang berlangsung Sabtu (31/10) malam ini kolaborasi Ki Midiyanto, dalang Indonesia yang mengajar di UC Berkeley, California; Sanggar Murti Raras dari Eromoko, Wonogiri; dan komunitas masyarakat Indonesia di Amerika Serikat yang tergabung dalam ormas Amerika Bersatu. Acara digelar berkat dukungan penuh dari Konsulat Jenderal RI di San Francisco, Kantor Walikota New York, Pemprov Jawa Tengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Nusantara Arts Buffalo NY, dan Indonesian Muslim Society of America (IMSA).

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan acara kolaborasi lintas benua ini. Secara khusus saya ingin menyampaikan penghargaan kepada anak-anak muda dari Sanggar Murti Raras yang tetap konsisten memelihara budaya tradisi. Kalian ini menjaga masa depan Indonesia," ungkap Ki Midiyanto usai acara.

Baca juga : Mega Disodori Foto Gibran Dan Bobby

Wakil Ketua Umum Amerika Bersatu (AB1) Monica Nathan terkesan pada semangat para seniman muda di Eromoko. "Saya sangat kagum melihat komitmen para seniman muda kita untuk terus melestarikan seni gamelan dan wayang," ujar Monica, yang sengaja jauh-jauh hadir langsung dari Chicago, Illinois, Amerika Serikat.

Format wayangan virtual ini juga merupakan terobosan baru dan pernah diganjar rekor MURI sebagai pagelaran wayang kulit pertama dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa, Juni lalu. Pada acara ini, Kantor Wali Kota New York Bill de Blasio secara khusus juga menyampaikan apresiasinya. "Saya menghargai usaha panitia untuk menyatukan komunitas Indonesia dan memberi inspirasi melalui kegiatan seni," ungkapnya melalui keterangan tertulis.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dalam sambutannya, sangat mendukung berbagai kegiatan seni melalui platform virtual. Pandemi Covid-19, kata Ganjar, menjadikan pagelaran kesenian berubah. Kesenian semacam ini menjadi senjata ampuh pada saat-saat sulit seperti ini. Dia berharap Ki Midiyanto terus berkarya dan menginspirasi generasi muda agar tertarik terhadap kesenian dan kebudayaan bangsa.

Baca juga : Dialog Virtual Apkasi, Bahlil Pastikan Kewenangan Daerah Tak Berkurang Di UU Ciptaker

Dari Amerika Serikat, Konsul Jenderal RI di San Francisco, Simon DI Soekarno, yang selama ini konsisten mendukung acara semacam ini mengatakan, pertunjukan tersebut setidaknya dapat mengobati rasa rindu masyarakat AS akan seni budaya Indonesia. Konjen Simon secara khusus berharap dapat menampilkan pertunjukan wayang kulit langsung dalam pagelaran budaya Indonesia di San Francisco usai pandemi Covid-19 teratasi.

Sekjen AB1 sekaligus penggagas acara, Lia Sundah Suntoso mengatakan, pandemi Covid-19 ini membuka kesempatan yang tidak pernah dibayangkan bagi dunia seni, khususnya bagi kesenian wayang kulit. "Selama ini, salah satu kendala untuk dapat menikmati pertunjukkan wayang kulit adalah tidak tersedianya cukup akses bagi pertunjukkan jenis ini. Bentuk new normal media daring membuat wayang kulit dapat dinikmati di rumah masing-masing, dan menjadi salah satu opsi selain konser musik," ungkapnya.

Selain untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya Indonesia di luar negeri, pagelaran ini juga bertujuan menggalang dana bagi para seniman wayang kulit di Wonogiri yang kehilangan mata pencaharian akibat pandemi Covid-19. Sampai akhir acara, dana yang terkumpul mencapai 25 juta rupiah. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.