Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar JARKOM Volume 2

Kominfo Ajak ASN Pengelola Media Instansi Tingkatkan Kualitas Konten

Selasa, 17 November 2020 20:33 WIB
Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kemenkominfo, Prof Widodo Muktiyo (Foto: Istimewa)
Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kemenkominfo, Prof Widodo Muktiyo (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), menggelar program Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom (JARKOM) volume 2, dari 16 sampai 20 November 2020. Acara ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas penyebaran informasi mengenai kebijakan, penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

Program ini berbentuk Pelatihan Jurnalistik yang ditujukan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas pengelola media instansi di seluruh Indonesia. Program ini juga merupakan upaya Kominfo mendukung Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9/2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik. Sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi ke para menteri, kepala lembaga non kementerian, gubernur, dan bupati/wali kota untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan dari masing-masing kementerian/lembaga (K/L) dalam rangka mendukung pelaksanaan komunikasi publik. 

Baca juga : Rerie Dorong Peningkatan Kualitas Parpol

“JARKOM diharapkan menjadi kanal strategis bagi Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kemampuan pembuatan konten yang positif, terkait yang telah dilakukan dan akan dilakukan pemerintah untuk sepenuhnya kepentingan masyarakat,” ungkap Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kemenkominfo, Prof Widodo Muktiyo, saat membuka hari kedua JARKOM volume 2 secara daring, Selasa (17/11).

Widodo mengungkapkan, JARKOM volume I, yang digelar 12-16 Oktober 2020, mendapat sambutan yang baik. Sebagai tindak lanjutnya, volume 2 kegiatan JARKOM digelar di pertengahan November ini. “Semoga yang kita lakukan dengan niat yang baik akan menghasilkan yang terbaik untuk seluruh bangsa dan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Baca juga : Cegah Fintech Ilegal, Satgas Waspada Investasi Tingkatkan Patroli Siber

Lewat JARKOM volume 2, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik memfasilitasi ASN pengelola media instansi untuk mengembangkan kemampuan teknisnya dalam mengelola informasi pada instansi masing-masing. Mulai dari mengemas diskusi media, meningkatkan kemampuan dan keterampilan jurnalistik dalam hal pembuatan konten, pembuatan rilis, sampai pengelolaan media.

Sama seperti sebelumnya, JARKOM volume 2 digelar secara daring melalui webinar Zoom selama lima hari. Pelatihan masih mengusung topik yang berbeda setiap harinya. Sambutan peserta terhadap acara ini cukup mengesankan. Hingga hari ini, sudah 700 ASN dan media center dari seluruh Indonesia mendaftarkan diri untuk berpartisipasi. Targetnya, JARKOM bisa mengedukasi ribuan stakeholder yang aktif ikut belajar melalui Zoom maupun YouTube Ditjen IKP Kominfo.

Baca juga : Ketua MKD: Sumpah Pemuda Mengingatkan Kita Pentingnya Persatuan

Ada lima topik yang disiapkan dalam program JARKOM kali ini. Yaitu Mengemas Diskusi Media, Mengemas Rilis yang Disukai Media, Mengelola Aset Foto dan Video, Membuat Foto Diskusi Media, dan Merebut Views Konten Audiovisual. Setiap topik dibahas narasumber dari Kominfo Newsroom dan beberapa praktisi media.

Kominfo Newsroom adalah pengelolaan media oleh Direktorat Pengelolaan Media Kemkominfo. Kominfo Newsroom terdiri dari Portal Indonesia (Indonesia.go.id), Portal Berita InfoPublik (InfoPublik.id), Indonesia Baik, GPRTV, Komik Komunika, Majalah GPRNews, Jurnal Dialog Kebijakan Publik, dan FMB9. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.