Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Relawan Covid-19 Dilatih Jadi Agen Perubahan Perilaku

Ingat, Kepedulian Kita Bakal Menyelamatkan Banyak Jiwa

Selasa, 24 November 2020 05:53 WIB
Deputi Pencegahan BNPB, Lilik Kurniawan
Deputi Pencegahan BNPB, Lilik Kurniawan

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya pemerintah melawan Covid-19 tak pernah berhenti. Termasuk membentuk relawan Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia.

Hingga saat ini, sudah 32 ribu relawan Covid-19 yang direkrut Badan nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Mereka berasal dari berbagai daerah itu akan menjadi agen perubahan perilaku.

Deputi Pencegahan BNPB, Lilik Kurniawan mengatakan, pihaknya akan terus melatih para relawan Covid-19 di berbagai daerah.

Dia bilang, para relawan akan membantu sosialisasi protokol kesehatan (prokes) di daerah setempat.

“Harapannya, dengan bergerak bersama-sama di seluruh lapisan masyarakat, Indonesia dapat menang melawan pandemi Covid-19,” ungkap Lilik sebagaimana dikutip dari laman resmi BNPB.

Lilik menyebut, 32 ribu relawan Satgas Covid-19 telah terdaftar. Dan saat ini, 1.000 relawan di Sulawesi Selatan, akan dilatih untuk menjadi agen perubahan perilaku.

Baca juga : Panglima TNI Bakal Bentuk Satuan Nubika

Dia menegaskan, aksi bela negara sangat dibutuhkan pada saat ini. Dalam situasi pandemi yang belum tuntas, siapa pun anggota masyarakat dapat melakukan aksi bela negara dengan perang melawan Covid-19.

“Aksi bela negara kali ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya yang perang dengan angkat senjata. Perang kali ini melawan Covid-19 dengan cara menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Menurut Lilik, penanganan Covid-19 dapat di lakukan secara bersama-sama oleh seluruh pihak.

Dia mengimbau kepada masyarakat menjaga yang sehat tetap sehat dan saling bahu membahu memutus mata rantai penyebaran Covid-19

“Kita semua harus sepakat bahwa Covid-19 adalah urusan kemanusiaan dan kesehatan,” tandasnya.

Netizen mendukung BPNB yang melatih ribuan relawan di berbagai daerah untuk melawan Covid-19. Mereka mengajak netizen berkolaborasi dan berkontribusi untuk bangsa dengan menjadi relawan kemanusiaan melawan Covid-19.

Menurut Andre Rahadian, Tim Relawan Satgas Covid-19 terus melakukan pelatihan kepada ribuan relawan yang akan menjadi duta penanganan Covid-19 di daerah masing-masing.

Baca juga : MUI Dan Ma`ruf Amin Berusaha Bikin Rakyat Tenang Dan Aman

Di antaranya di Semarang, pelatihan dilakukan kepada 1.000 relawan yang kelak melahirkan 10.000 relawan baru di Jawa Tengah.

“Kepedulian kita bisa menyelamatkan banyak jiwa di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda,” kata dia.

“Semangat terus para relawan. Keep distance, stay healthy,” sahut Widya Buenastuti.

Barbareto meminta para relawan Covid-19 segera turun melakukan edukasi kepada masyarakat setelah pelatihan usai. Masyarakat sangat membutuhkan edukasi dari para tim relawan. indo agen menimpali.

Dia bilang, sudah saatnya kita bersatu tanpa melihat dari golongan dan agama apapun, saling dukung, saling mendoakan, saling bantu dan saling menolong.

“Semoga melalui musibah ini membuka hati kita untuk saling memaafkan dan menolong,” ujarnya.

Himawan Ariwibowo memuji para relawan Covid-19. Dia bilang, para relawan luar biasa. Bahkan, dia menyamakan para relawan Covid-19 sebagai pahlawan, sama dengan para dokter dan perawat yang bekerja di garda terdepan.

Baca juga : Pesantren Masih Sulit Jaga Jarak

Furqon menyambar, “anda semua hebat. Semoga kita diberikan kesempatan melihat anda semua tersenyum ketika masalah Corona ini selesai. Hormatku buat anda semua.”

“Begitu banyak warga negara yang peduli sesama. Kita sama-sama berdoa semoga berhasil dan sukses,” ujar Rizki Maulidan. “Semoga Tuhan selalu melindungi para rela-wan dan selalu diberikan kesehatan,” tambah Besti Maria.

Elisa juga mengucapkan terima kasih kepada warga yang selalu mematuhi protokol kesehatan demi memutus penyebaran Covid-19 dan demi menjaga kesehatan orang di sekitar kita.

“Juga demi kepedulian kita kepada garda terdepan, yaitu para dokter, perawat dan relawan,” pungkasnya. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.