Dark/Light Mode

Mendagri Minta TNI dan Polri Bersinergi Sukseskan Pilkada Serentak 2020

Jumat, 4 Desember 2020 20:43 WIB
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (depan) saat menjadi inspektur di Apel Pergeseran Pasukan dalam Rangka pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Polda Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (4/12). (Foto: Kemendagri)
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (depan) saat menjadi inspektur di Apel Pergeseran Pasukan dalam Rangka pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Polda Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (4/12). (Foto: Kemendagri)

 Sebelumnya 
Tito menambahkan sinergi juga perlu dibangun dengan jajaran penyelenggara Pemilu, serta aparat pengaman lainnya untuk mengamankan setiap tahapan pilkada, utamanya untuk menghindari konflik pada saat pemungutan suara.

Selain itu Tito juga berpesan juga perlu membangun hubungan dengan penyelenggara KPU dan Bawaslu, unsur pengaman lainnya yaitu Linmas dan Satpol PP, karena nanti yang masuk di TPS yang diperbolehkan secara hukum hanya Linmas, TNI dan Polri ada di luar garis TPS.

Baca juga : Bamsoet Minta SOKSI Bantu Pemerintah Kurangi Pengangguran

"Amankan betul agar satu tidak terjadi gangguan konvensional, kekerasan, intimidasi, kemudian money politic, serangan fajar, apalagi konflik,” ungkap Tito.

Ia menekankan pentingnya membangun hubungan dan komunikasi dengan semua pihak. Sinergi dan kerja sama yang baik menjadi salah satu elemen penting kesuksesan penyelenggaraan Pilkada.

Baca juga : Hadir di Papua, TNI dan Polri Pastikan Stabilitas Keamanan Wilayah Setempat

Tito mengimbau agar deteksi intelijen menjalin hubungan dengan semua pihak menjadi sangat penting, mendengar suara sedikit yang akan panas segera selesaikan, lebih baik mencegah sedini mungkin dibanding masyarakat sudah berkumpul setelah itu terjadi aksi massal," pungkas Tito. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.