Dark/Light Mode

Hari Terakhir Masa Kampanye Pilkada, Mahfud MD Imbau Paslon Jangan Bikin Kerumunan

Sabtu, 5 Desember 2020 11:09 WIB
Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (Foto: Ist)
Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari terakhir masa kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengingatkan semua Pasangan Calon (Paslon) tetap mematuhi protokol kesehatan dan aturan kampanye.

Paslon yang melakukan pelanggaran di hari pamungkas masa kampanye, tetap akan diberikan sanksi. "Kepada tim kampanye masing-masing, kepada Paslon, sanksi masih tetap menanti kalau anda pada hari terakhir ini melakukan pelanggaran," ungkap Mahfud MD dalam keterangan persnya, Sabtu (5/12).

Baca juga : Selama Kampanye Pilkada, Bawaslu Catat Ribuan Pelanggaran Prokes

Mahfud MD menyampaikan, berdasarkan laporan di lapangan masa kampanye sejauh ini berjalan dengan baik. "Saya berterima kasih, dan saya bergembira karena berdasarkan laporan-laporan dari lapangan, baik dari kepolisian, maupun dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU), pelaksanan kampanye selama 71 hari sampai dengan hari, ini berjalan dengan baik," ucapnya.

Hingga hari ke-71, lanjut Mahfud, hanya ditemukan sebanyak 1520 kasus pelanggaran, atau sebesar 2,2 persen dari 75 ribu event, yang dilakukan pada masa kampanye. Pelanggaran yang terjadi masih dalam skala kecil dan tidak menimbulkan klaster baru Covid 19.

Baca juga : Kader Demokrat Jangan Lengah, Apalagi Tidur

Sejumlah pelanggaran yang terjadi, juga telah ditindaklanjuti. "Semuanya berjalan dengan baik, pelanggaran yang kecil-kecil sudah diperingatkan. Ada yang sampai masuk ke ranah pidana. Karena sesudah diperingatkan melanggar lagi, peringatan kedua, melanggar lagi, akhirnya pidana. Ada 16 kasus. Tapi kecil-kecil, makanya pernah menjadi perhatian publik," kata mantanKetua Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

Mahfud berharap di hari terakhir masa kampqnye, para tim dan Paslon tetap menjaga tata tertib serta memperhatikan protokol kesehatan.

Baca juga : PBNU: Sampaikan Pendapat Dengan Hikmah, Jangan Pakai Teror

"Biasanya di hari terakhir emosi ditumpahkan sekaligus. Lalu bikin kerumunan dan sebagainya. Tolong dijaga," harap Mahfud MD.

Para tim dan Paslon sepatutnya menutup masa kampanye dengan citra yang baik. "Mari kita tutup masa kampanye ini, sampai sore tanggal lima ini, silakan berkampanye. Sesudah itu, masuk ke hari tenang," pungkas Mahfud. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.