Dewan Pers

Dark/Light Mode

Mendagri Serahkan Bantuan Alkes Ke Beberapa RS dan Puskesmas

Selasa, 8 Desember 2020 13:30 WIB
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kiri) saat menyerahkan bantuan alat kesehatan di Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (8/12). (Foto: Kemendagri)
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kiri) saat menyerahkan bantuan alat kesehatan di Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (8/12). (Foto: Kemendagri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyerahkan bantuan alat kesehatan (alkes) ke beberapa Rumah Sakit (RS) dan Puskesmas. Penyerahan dilakukan di Lobi Gedung A Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (8/12).

Tito menyampaikan bahwa bantuan yang disalurkan merupakan alat kesehatan yang berasal dari hibah salah satu BUMN di Singapura, Temasek.

Berita Terkait : Kembangin Energi Terbarukan Butuh Dukungan Pemerintah

Bantuan ini kemudian akan disalurkan ke beberapa Rumah Sakit dan Puskesmas yang ada di Jabodetabek dan luar Pulau Jawa. “Temasek ini memiliki hubungan baik dengan Indonesia, juga memiliki hubungan baik dengan Kemendagri, sehingga sudah berapa kali memberikan bantuan di antaranya PCR, masker, obat-obatan, dan lain-lain," tambah Tito.

Ia menambahkan saat pihaknya menyerahkan Oxygen Concentrator ini ada 31 unit, kemudian ada BiPAP (Bi Level Positive Airways Pressure) 13 unit. 

Berita Terkait : Menteri & Pejabatnya Tersangka, Kemensos Pastikan Bantuan Sosial Jalan Terus

Alat kesehatan di atas, menurut Tito akan diserahkan kepada Rumah Sakit Polri Said Sukanto, kemudian Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Rumah Sakit Umum Daerah Kramat Jati, Rumah Sakit Umum Anggrek Emas, RSUD Kota Tangerang, RSUD Kota Tangerang Selatan, RSUD Kab. Tangerang, Rumah Sakit Bhayangkara Brimob Kelapa II, Rumah Sakit Umum Kota Depok, Kemudian RSUD Kab Lamongan.

"Lalu Rumah Sakit Umum M. Hoesin Provinsi Sumatera Selatan, Rumah Sakit Umum Daerah Siti Fatimah Sumsel, Rumah Sakit Umum Daerah Teungku Peukan Aceh Barat Daya, Puskesmas Jagakarsa, Puskesmas Kelurahan Cilandak Timur,” ujar Tito.

Berita Terkait : Pertamina Serahkan Bantuan Kaki dan Tangan Palsu Pada PPDI Balikpapan

Ia menambahkan kerja sama dan sinergi dengan berbagai pihak, sangatlah dibutuhkan untuk mengakhiri pandemi Covid-19 ini.

Bantuan dari dalam dan luar negeri akan sangat membantu tenaga medis dan masyarakat untuk bersama menekan angka penyebaran virus. “Mudah-mudahan nanti kita akan berusaha terus supaya bisa memanfaatkan bantuan-bantuan dari dalam maupun luar negeri," tambah Tito. 
 Selanjutnya