Dark/Light Mode

Tanggapi Tewasnya 4 Warga Sigi dan 6 Anggota FPI

Jokowi: Hukum Harus Dipatuhi Dan Ditegakkan

Minggu, 13 Desember 2020 14:53 WIB
Tanggapi Tewasnya 4 Warga Sigi dan 6 Anggota FPI Jokowi: Hukum Harus Dipatuhi Dan Ditegakkan

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan, hukum harus dipatuhi dan ditegakkan untuk melindungi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Jokoqi, menanggapi tewasnya 4 orang warga Sigi dan 6 orang anggota FPI.

“Saya tegaskan, Indonesia adalah negara hukum. Hukum harus dipatuhi dan ditegakkan untuk melindungi kepentingan masyarakat, melindungi kepentingan bangsa dan negara. Sudah merupakan kewajiban aparat penegak hukum, untuk menegakkan hukum secara tegas dan adil. Aparat hukum dilindungi oleh hukum, dalam menjalankan tugasnya,” ujar Presiden Joko Widodo usai berolahraga sepeda di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (13/12) pagi.

Baca juga : Industri Hulu Migas Selalu Butuh Dukungan Pemerintah

Karena itu, masyarakat tidak diperbolehkan untuk bertindak semena-mena dan melakukan perbuatan melanggar hukum yang merugikan masyarakat. Apalagi, kalau sampai, perbuatannya itu sampai membahayakan bangsa dan negara.

Jokowi juga mengingatkan, aparat hukum tak boleh gentar dan mundur sedikitpun dalam melakukan penegakan. Namun, harus tetap mengikuti aturan hukum, melindungi hak asasi manusia, dan menggunakan kewenangannya secara wajar dan terukur.

“Jika terdapat perbedaan pendapat tentang proses penegakan hukum, saya minta gunakan mekanisme hukum,” kata Presiden.

Baca juga : 3 Anggota KPU Kena Corona, Debat Pilgub Kepri Dipangkas

Mekanisme hukum telah mengatur sejumlah prosedur hingga proses peradilan, dengan keputusannya yang harus dihargai.

Apabila memerlukan keterlibatan lembaga independen, Indonesia memiliki Komisi Nasional Hak Asasi Manusia(Komnas HAM), di mana masyarakat dapat menyampaikan pengaduannya.

“Kita harus menjaga tegaknya keadilan dan kepastian hukum di negara kita, menjaga pondasi bagi kemajuan Indonesia,” tandas Jokowi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.