Dark/Light Mode

Ada Risma, Sandi, BGS, Gus Yaqut, Mas Treng, dan Dubes Lutfi

Jokowi Umumkan 6 Menteri Baru, Besok Pelantikan

Selasa, 22 Desember 2020 15:40 WIB
Presiden Jokowi memperkenalkan Calon Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri) di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12). Total, ada 6 menteri yang diganti di Kabinet Indonesia Maju. (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi memperkenalkan Calon Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri) di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12). Total, ada 6 menteri yang diganti di Kabinet Indonesia Maju. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi akhirnya mengumumkan 6 nama wajah baru yang mengisi Kabinet Indonesia Maju, Selasa (22/120 sore ini.  Keenam nama ini sesuai dengan yang beredar di kalangan wartawan sejak kemarin. Namun, pengumuman reshuffle ternyata lebih cepat sehari dari yang diperkirakan sebelumnya, yakni Rabu Pon.

Ketika mengumumkan nama-nama menteri baru itu, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Keduanya kompak mengenakan kemeja putih dan celana panjang katun warna hitam.

"Saya akan memperkenalkan satu per satu," ucap Presiden Jokowi, mengawali pengumumannya, di beranda Istana Merdeka, Selasa (22/12).

Baca juga : Cari Dukungan LPI, Jokowi Utus Menko Marves Dan Menteri BUMN Ke Jepang

Yang pertama kali diperkenalkan adalah Tri Rismaharini. Ketika dipanggil, Wali Kota Surabaya itu keluar dari dalam Istana menuju beranda. Risma dipersilakan duduk di kursi yang sudah disiapkan di samping Jokowi. "Saya kira, kita tahu. Beliau adalah Wali Kota Surabaya. Saat ini, Bu Risma akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," ujar Kepala Negara.

Risma menjabat Menteri Sosial, menggantikan Juliari Peter Batubara yang tersandung kasus suap bansos Covid-19. 

Berikutnya, Jokowi memanggil Sandiaga Salahudin Uno. Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu dipercaya menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menggantikan Wishnutama.

Baca juga : Dukung Jokowi, Ferdinand Hengkang Dari Demokrat

Kemudian, Presiden memperkenalkan Menteri Kesehatan yang baru. Yakni Budi Gunadi Sadikin (BGS) Ia menggantikan Terawan Agus Putranto. "Beliau sebelumnya adalah Dirut Bank Mandiri, lalu PT Asahan Aluminium, dan terakhir Wakil Menteri BUMN dan sekarang kita beri tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan," lanjutnya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga mendaulat Ketua GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut, menjadi Menteri Agama. Menggantikan Fachrul Razi.

Untuk posisi Menteri Kelautan dan Perikanan, Jokowi menunjuk Sakti Wahyu Trenggono, yang akrab disapa Mas Treng. Sosok yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan itu, didapuk menggantikan Edhy Prabowo yang tersangkut kasus suap ekspor benih lobster alias lobster-gate.

Baca juga : Hadapi Resesi, Politisi PDIP Ini Dukung Jokowi Optimalkan Sektor Pertanian

"Yang terakhir, Bapak Muhammad Luthfi," panggil Jokowi. Duta Besar RI untuk Amerika Serikat itu ditunjuk Jokowi menjabat sebagai Menteri Perdagangan, menggantikan Agus Suparmanto. "Pelantikan akan dilaksanakan Insya Allah besok pagi," pungkas Jokowi. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.