Dark/Light Mode

PUPR Imbau Pemda Segera Manfaatkan Rusunawa Untuk Wong Cilik

Rabu, 30 Desember 2020 11:10 WIB
Dirjen Perumahan, Khalawi Abdul Hamid
Dirjen Perumahan, Khalawi Abdul Hamid

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) untuk segera mengelola dan memanfaatkan rumah susun sewa (Rusunawa) untuk hunian bagi masyarakat berpenghasil rendah (MBR) di daerah. 

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid berharap pembangunan Rusunawa di daerah dapat membantu masyarakat agar bisa menempati hunian yang layak. Apalagi saat ini lahan untuk perumahan di kawasan perkotaan semakin berkurang.

Baca juga : Pertamina Latih Warga Manfaatkan Minyak Jelantah Jadi Lilin

“Kami siap berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah jika ingin memanfaatkan Rusunawa yang telah selesai dibangun oleh Kementerian PUPR. Masyarakat sangat membutuhkan hunian layak dan Rusunawa di perkotaan adalah salah satu pilihan tempat tinggal yang layak,” ujar Khalawi Abdul Hamid di Jakarta, Rabu (30/12).

Saat ini, imbuh Khalawi, Kementerian PUPR telah membangun banyak Rusunawa untuk MBR di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Kota Gorontalo. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan hunian masyarakat yang tinggal di kawasan perkotaan.

Baca juga : BP Jamsostek Ajak Perusahaan Pekerjakan Penyandang Disabilitas

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Gorontalo, Ismail Madjid mengatakan, saat ini jumlah penduduk di Kota Gorontalo tergolong tinggi sehingga membutuhkan program perumahan layak huni bagi masyarakat, khususnya bagi MBR. Hal itu dikarenakan mereka memiliki keterbatasan kemampuan untuk membeli rumah layak. 

“Pemerintah Kota Gorontalo mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR yang telah mengupayakan bantuan Pembangunan Rusunawa bagi masyarakat. Selain itu dengan tinggal di Rusunawa ini masyarakat yang dulu tinggal di kawasan kumuh kini bisa menempati hunian yang nyaman, sehat dan layak huni,” katanya. [FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.