Dark/Light Mode

Waspada, Klaster Keluarga

Tetap Terapkan Prokes Di Rumah!

Sabtu, 9 Januari 2021 08:59 WIB
Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19 Dewi Nur Aisyah. (Foto: Twitter/BNPB)
Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19 Dewi Nur Aisyah. (Foto: Twitter/BNPB)

 Sebelumnya 
Klaster keluarga ini merupakan tantangan yang harus dihadapi dengan lebih seksama lagi. Soalnya, klaster ini punya tipikal yang cukup berbeda dari klaster yang lain seperti perkantoran atau pasar.

Dewi mengingatkan semua pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, meski berada di dalam rumah.

Baca juga : Risma Pindah Kantor Ke Jakarta, Relawan Anies Rapatkan Barisan

Di tempat terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut, Pemprov DKI sudah melakukan langkah untuk mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19 di klaster keluarga.

Antisipasi itu antara lain dengan membentuk Satgas Covid-19 sampai ke tingkat RT/RW. Satgas membentuk kampung siaga di RT dan RW di seluruh Jakarta. “Ini untuk mengatur dan memastikan warga yang keluar-masuk patuh, taat, dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan 3M,” ucapnya.

Baca juga : Winner Group Siap Garap Proyek Properti Di Ibu Kota Baru

Riza bilang, berbagai fasilitas     yang diperlukan sudah disiapkan pada kampung siaga Covid-19. Warga dijadikan kadernya.

“Setiap rumah kita sudah minta agar satu dari anggota keluarga jadi kader Covid, yang membantu keluarga untuk memberikan informasi, berkoordinasi dengan RT/RW setempat,” terang politisi Gerindra ini.

Baca juga : Cegah Klaster Keluarga, FKG Usakti Beri Pelatihan dan Penyuluhan Covid-19

Para kader ini memastikan seluruh anggota lingkungan melaksanakan prokes hidup bersih dan sehat. Yakni memakai` masker, cuci tangan, menjaga jarak dan selalu membersihkan rumah dan lingkungan, dan rutin menyemprot desinfektan. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.