Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jokowi: Ujian Berat, Kita Harus Selalu Waspada Dan Siaga

Senin, 25 Januari 2021 14:07 WIB
Jokowi: Ujian Berat, Kita Harus Selalu Waspada Dan Siaga

RM.id  Rakyat Merdeka - Sepanjang 2020 dan memasuki 2021, Indonesia menghadapi beberapa ujian dan cobaan yang sangat berat. Pandemi Covid-19 yang melanda 215 negara telah mengakibatkan krisis kesehatan dan krisis ekonomi.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi, saat menyampaikan sambutan secara virtual dalam pembukaan Majelis Pekerja Lengkap Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (MPL-PGI) di Jakarta, Senin (25/1).

"Indonesia termasuk negara yang bisa mengendalikan dua krisis tersebut dengan baik. Tetapi, permasalahan belum sepenuhnya selesai. Pandemik masih berlangsung. Kita masih selalu waspada dan siaga," ujar Jokowi.

Baca juga : Prokes Ketat, Karantina AustraliaTerbuka Kaya Di Penjara

Deretan musibah seperti Kalimantan Selatan yang diterpa banjir yang di beberapa kabupaten dan kota, tanah longsor di Sumedang, kecelakaan Sriwijaya Air, dan juga gempa di Sulawesi Barat di Mamuju dan Majene, membuat pemerintah dan masyarakat harus bekerja keras untuk mengurangi risiko-risiko bencana, dan selalu siaga untuk menghadapinya.

 "Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya, penghargaan yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar PGI di semua tingkatan, yang telah membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak pandemi dan bencana, serta juga bergerak bersama-sama dengan elemen bangsa yang lainnya," ujar Presiden.

Presiden Jokowi menyampaikan tiga pesan kepada anggota sidang MPL-PGI. Pertama terkait dengan vaksinasi COVID-19 yang akan disuntikkan kepada 181,5 juta rakyat Indonesia sebelum 2021.

Baca juga : Jokowi Janjikan Rp 50 Juta Buat Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Di Sulbar

"Kita sudah memesan 426 juta dosis vaksin dari 4 perusahaan dan negara yang berbeda. Kita telah menyiapkan 30 ribu vaksinator, 10 ribu puskesmas, dan 3 ribu rumah sakit yang akan mendukung vaksinasi. Saya mengajak seluruh umat Kristiani dan jajaran PGI untuk bersama-sama membantu pemerintah menyukseskan program vaksinasi ini," papar Jokowi 

Dalam hal ini, PGI diharapkan ikut mengedukasi masyarakat, memberikan informasi yang benar bahwa vaksinasi akan menjadi salah satu jalan untuk bisa pulih dan bangkit dari pandemik sekaligus tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kedua, terkait pemulihan ekonomi nasional, percepatan dan kebangkitan ekonomi terus diupayakan oleh pemerintah. Untuk mendongkrak daya beli dan konsumsi masyarakat, serta mempercepat pemulihan ekonomi nasional, pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp 372,3 triliun.

Baca juga : Cuaca Buruk, BMKG Imbau Warga Waspada Banjir

Program perlindungan sosial tetap dilanjutkan di tahun 2021. Program-program tersebut adalah Program Kartu Sembako, Program Keluarga Harapan, Bantuan Sosial Tunai, Kartu Pra-Kerja serta Bantuan Langsung Tunai Desa.

"Selain itu, juga ada insentif tenaga kesehatan dan pemberian insentif usaha, termasuk Bantuan Modal Kerja bagi UMKM agar mampu bertahan dan bergerak kembali," ujar Jokowi.

Ketiga, PGI diminta ikut serta menjaga kemajemukan Indonesia. "Toleransi, sikap yang mulia dalam menghadapi keberagaman dan persatuan hanya akan muncul jika kita mengakui dan menghormati perbedaan. Marilah kita bersama-sama merawat Indonesia. Kita terus jaga dan amalkan nilai-nilai Pancasila," papar Jokowi. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.