Dark/Light Mode

Jokowi Janjikan Rp 50 Juta Buat Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Di Sulbar

Selasa, 19 Januari 2021 14:10 WIB
Presiden Jokowi meninjau kantor gubernur Sulawesi Barat di Mamuju yang rusak setelah diguncang gempa 15 Januari lalu. (Foto: Twitter)
Presiden Jokowi meninjau kantor gubernur Sulawesi Barat di Mamuju yang rusak setelah diguncang gempa 15 Januari lalu. (Foto: Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meninjau langsung lokasi pengungsian korban gempa di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Selasa (19/1).

Dia ingin memastikan proses penyaluran bantuan ke masyarakat, pemenuhan logistik pengungsi, juga proses evakuasi korban berjalan baik.

Berita Terkait : Jokowi: Banjir Kalsel Terbesar Dalam 50 Tahun Terakhir

“Siang hari ini saya berkunjung ke Sulawesi Barat, khususnya di Kabupaten Mamuju, dan melihat lapangan, melihat bangunan-bangunan pemerintah yang ambruk, juga rumah-rumah penduduk yang roboh,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi mengatakan, pemerintah akan memberikan bantuan buat masyarakat di Sulawesi Barat (Sulbar) yang rumahnya rusak akibat gempa. Besarannya, sekitar Rp 10 juta untuk rusak ringan, Rp 25 juta rusak sedang, dan Rp 50 juta untuk yang rusak berat.

Berita Terkait : Gempa M6,2 Di Sulbar Tewaskan 3 Orang, 24 Luka-luka

Jokowi juga mengatakan, pemerintah pusat akan membantu untuk membangun kembali gedung-gedung pemerintah daerah yang rusak akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,2 itu.

Jokowi berharap, dengan bantuan dari pemerintah pusat, masyarakat dapat kembali membangun rumah dan segera beraktivitas kembali. Kegiatan pemerintahan daerah di Sulbar juga diharapkan dapat segera berjalan kembali untuk melayani masyarakat.

Berita Terkait : Ketua KPU Bersikap Arif, Juga Budiman

Eks Wali Kota Solo ini juga menyampaikan duka cita yang mendalam terhadap keluarga para korban gempa. Semoga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan dan kesabaran. [DIT]