Dark/Light Mode

Cepat Respons Musibah

DPR Apresiasi Tim Gabungan Penanganan Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ 182

Rabu, 3 Februari 2021 23:42 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah), dalam rapat kerja (Raker) bersama DPR, abu (3/2).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah), dalam rapat kerja (Raker) bersama DPR, abu (3/2).

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi V DPR mengapresiasi respon cepat dari Tim Gabungan Kemenhub, Badan SAR Nasional (Basarnas), Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), TNI/POLRI, Jasa Raharja, Sriwijaya Air, masyarakat dan unsur terkait lainnya dalam penanganan musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya SJ 182 PK CLC.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi V DPR, Lasarus dalam rapat kerja (Raker) terkait penjelasan musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Raker ini dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (BKS), bersama Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Kepala Basarnas Marsdya TNI Bagus Puruhito, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, Kepala RS Polri Brigjen Pol Asep Hendradiana, Dirut Airnav Indonesia Pramintohadi Sukarno, dan Direksi Sriwijaya Air, Rabu (3/2).

Menhub mengatakan, penanganan musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya ini, telah mendapat sejumlah arahan dari Presiden Joko Widodo. Yaitu memaksimalkan upaya pencarian korban, membantu pemenuhan hal-hak dari keluarga korban, dan memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat.

Tim Gabungan, jelas Budi, telah berupaya sekuat tenaga menangani musibah ini. Proses penanganannya juga disampaikan secara terbuka kepada media dan publik. Dia meyakinkan, akan terus mengawal penyelesaian santunan kepada keluarga korban.

Baca juga : Basarnas Stop Pencarian Korban Sriwijaya Air SJ182

Selain itu, sampai saat ini KNKT juga masih melakukan pencarian Cockpit Voice Recorder (CVR). Karena ini akan sangat membantu mengungkap penyebab terjadinya kecelakaan. Bahkan, demi upaya ini, pihaknya sudah mendirikan homebase di Pulau Lancang.

Menhub mengungkapkan, sektor transportasi udara merupakan sektor transportasi yang di satu sisi paling aman, tapi di sisi lain, beresiko tinggi dan menjadi sorotan masyarakat banyak. Karena itu, Kemenhub beserta stakeholder di sektor penerbangan akan terus berkomitmen meningkatan keselamatan dan keamanan penerbangan nasional.

Dia juga menyatakn meminta rekan-rekan di sektor transportasi udara untuk memberikan upaya terbaik, untuk terus meningkatkan keselamatan dan keamanan penerbangan nasional. Mengingat hal ini memang mandat regulasi penerbangan internasional. “Ini akan menjadi image dari penerbangan kita di mata internasional,” Menhub mengingatkan.

Lebih lanjut Direktur Utama Angkasa Pura II pada 2015-2016 ini menjelaskan, Kemenhub terus melakukan upaya-upaya meningkatkan keselamatan dan keamanan penerbangan nasional. Dia merinci, antara lain:

Baca juga : Jokowi Apresiasi Kerja Keras Tim SAR Gabungan Dalam Penanganan Sriwijaya Air SJ-182

- melakukan pemeriksaan terhadap kelaikan pesawat (ramp check) yang beroperasi di Indonesia baik secara rutin maupun sewaktu-waktu.

- melakukan bimbingan teknis tentang penanganan gangguan teknis yang berulang pada pesawat udara (repetitive defect)

- melakukan pembenahan struktur organisasi regulator melalui pemisahan fungsi-fungsi pembinaan terhadap keselamatan, pembangunan, dan pengusahaan/pelayanan

- penguatan kapasitas organisasi Kantor Otoritas Bandar Udara

Baca juga : Kabasarnas: Operasi SAR Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Diperpanjang 3 Hari

- percepatan implementasi ICAO Annex 19 tentang safety management, terutama State Safety Programme (SSP)

- pembentukan forum komunikasi nasional keselamatan penerbangan yang bersinergi dengan komite keamanan nasional penerbangan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.