Dark/Light Mode

Cepat Respons Musibah

DPR Apresiasi Tim Gabungan Penanganan Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ 182

Rabu, 3 Februari 2021 23:42 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah), dalam rapat kerja (Raker) bersama DPR, abu (3/2).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah), dalam rapat kerja (Raker) bersama DPR, abu (3/2).

 Sebelumnya 
Lebih jauh Menhub mengungkapkan, capaian kinerja dalam aspek keselamatan dan keamanan penerbangan di Indonesia telah memperoleh pencapaian yang sangat baik, seperti:

- keberhasilan Indonesia meraih kategori I FAA tahun 2016

- Index EI (Effective Implementation) for Safety Oversight dari hasil audit ICAO ICVM, meningkat dari yg sebelumnya 51,61% menjadi 80,84%

Baca juga : Basarnas Stop Pencarian Korban Sriwijaya Air SJ182

- Release Ban Uni Eropa/EU terhadap maskapai Indonesia yang akan terbang ke negara anggota EU pada tahun 2018.

Dari hasil laporan ICAO USOAP (Universal Safety Oversight Audit Program), Budi membeberkan, indeks keselamatan penerbangan Indonesia berada di atas rata-rata negara Asia. Hal ini juga diikuti dengan indeks kecelakaan pesawat Indonesia yang menunjukkan perbaikan sejak 2016.

Dalam rapat kerja tersebut, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus menyampaikan sejumlah kesimpulan rapat yaitu,

Baca juga : Jokowi Apresiasi Kerja Keras Tim SAR Gabungan Dalam Penanganan Sriwijaya Air SJ-182

Pertama, menyatakan prihatin dan menyampaikan turut berduka cita mendalam atas terjadinya kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air Sj 182 yang mengakibatkan korban jiwa.

Kedua, memberikan apresiasi kepada Kemenhub, Basarnas, BKMG, TNI/Polri dan pihak-pihak yang telah membantu atas kecepatan waktu tanggap (response time), serta upaya pencarian dan pertolongan korban kecelakaan Pesawat SJ 182.

Ketiga, mendesak Kemenhub meningkatkan pengawasan dan pembinaan terhadap operator maskapai penerbangan. Hal ini demi mengedepankan aspek keselamatan, keamanan, dan kualitas pelayanan dalam penyelenggaraan transportasi.

Baca juga : Kabasarnas: Operasi SAR Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Diperpanjang 3 Hari

Keempat, meminta KNKT tetap menjaga independensi dan integritas dalam investigasi kecelakaan transportasi, terkait jatuhnya pesawat Sriwijaya SJ 182 dan menyampaikan hasil laporannya kepada Komisi V DPR RI. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.