Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PMI Manufaktur Melejit, Mendag: Cerita Baik Bagi Perekonomian

Sabtu, 6 Februari 2021 12:54 WIB
Mendag M. Lutfi. (Foto: Kemendag)
Mendag M. Lutfi. (Foto: Kemendag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tanda-tanda perbaikan ekonomi semakin nampak. Salah satunya, Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur Januari 2021 berada di level 52,2 dari bulan sebelumnya 51,3. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi bahkan menganggap ini cerita yang baik bagi perekonomian.

Lutfi mengatakan, pada dasarnya, jika PMI manufaktur lebih dari 50, itu menunjukkan ekonomi berkembang. Menurutnya, angka tersebut masih bisa dikerek lagi. "Saya melihatnya, memang naik. Tapi sebenarnya, mestinya, tahun 2021 ini akan lebih tinggi lagi naiknya," ujarnya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : TC Bulan Maret, Timnas Wanita Mulai Cari Pemain

Tolok ukurnya sudah jelas. Dia menganggap kepercayaan masyarakat akan lebih tinggi untuk membelanjakan uangnya. Dengan begitu, roda perekonomian lebih cepat berputar. Belum lagi program vaksinasi yang tengah dikebut pemerintah. Upaya ini otomatis memperbaiki struktur perindustrian.

Sebagai catatan. Peningkatan PMI manufaktur pada Januari merupakan bentuk nyata terhadap pemulihan sektor industri di tengah terpaan pandemi Covid-19, dan wujud dari ekspansifnya sektor manufaktur. Misalnya, perbaikan terlihat dari output dan permintaan baru yang berkembang pada laju semakin cepat dan kepercayaan bisnis yang mencapai level tertinggi selama empat tahun terakhir.

Baca juga : Bantu UMKM Melek Digital, CrediBook Gaet 500 Ribu Pengguna

"Jadi ini adalah cerita yang baik. Dan saya berpikir bahwa prediksi saya, ini akan jauh lebih baik lagi di 2021 compare to 2020," cetus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Ketika PMI naik, Lutfi yakin betul outputnya akan jauh lebih baik. Salah satunya, kinerja ekspor. Sebab pertumbuhan PMI manufaktur akan memperbaiki struktur ekspor yang lebih mumpuni. 

Baca juga : Tekan Covid, Menag Terbitkan Instruksi Gerakan 5M

Dengan capaian ini, dia berharap suplai dan kinerja ekspor semakin baik. Angka-angkanya sesuai dengan perbaikan sendi-sendi perekonomian, setelah terkontraksi cukup dalam karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Jadi harapan saya, ini akan menjadi suatu cerita yang bagus. Dan tentunya, ini merupakan awal daripada perbaikan-perbaikan perekonomian nasional," pungkasnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.