Dark/Light Mode

Hari Pers Nasional 2021

Menag Yaqut Ajak Insan Pers Bersinergi dan Jadi Penjernih Informasi

Selasa, 9 Februari 2021 17:30 WIB
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Kementerian Agama RI)
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Kementerian Agama RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memberikan ucapan selamat kepada insan pers di Indonesia yang hari ini, Selasa (9/2) memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Ke-36.

Atas nama Kementerian Agama (Kemenag), Menag Yaqut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pers nasional yang selama ini telah banyak berkontribusi positif dalam penyebaran informasi, khususnya terkait isu dan layanan Kemenag.

Baca juga : Doni Monardo Sabet Medali Emas Pentahelix

“Pers dan Kemenag faktanya tidak bisa dipisahkan. Untuk itu kami berharap sinergi yang positif ini terus bisa dipertahankan demi kebaikan bangsa bersama,” ujar Menag Yaqut, di Jakarta, Selasa (9/2).

Ia mengatakan, pers memiliki peran dan fungsi strategis dalam pembangunan bangsa. Tak sekadar menjadi penyebar informasi, fungsi pers saat ini juga lebih luas yakni menyampaikan pengetahuan yang berharga bagi khalayak.

Baca juga : Seskab: Kritik Media Jamu Kuat Bagi Pemerintah

Upaya ini, diakui Menag Yaqut, tidak mudah seiring kian masifnya perkembangan dunia teknologi informasi digital yang sangat cepat. “Di sinilah tantangan insan pers nasional agar bisa beradaptasi sekaligus menjadi penjernih di tengah banjirnya informasi dari mana-mana,” ujarnya.

Menag Yaqut berharap, fungsi penjernih ini bisa menjadi perhatian insan pers. Sebab dampak dari kebebasan informasi saat ini telah banyak bermunculan berita tidak benar (hoaks), ujaran kebencian dan hal-hal negatif lainnya. Jika hal ini tidak disadari bersama dan diantisipasi dengan baik, maka sangat berpotensi mengoyak tatanan kehidupan di tengah masyarakat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.