Dark/Light Mode

Menteri Jonan: Volume Jargas Akan Terus Ditambah

Minggu, 31 Maret 2019 21:10 WIB
Menteri ESDM Ignasius Jonan (Foto: Humas ESDM)
Menteri ESDM Ignasius Jonan (Foto: Humas ESDM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setiap tahun, pemerintah mengeluarkan APBN untuk jargas di berbagai daerah. Sehingga, makin banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya. "Volumenya akan terus kita tambah. Sesuai amanat Bapak Presiden, sumber daya alam harus bisa dinikmati oleh warga setempat," kata Menteri Jonan, melalui keterangan tertulis, Minggu (31/3). 

"Kalau tahun depan kami dapat anggaran jaringan gas (jargas) untuk 1 juta sambungan rumah (SR), Sumsel akan dapat tambahan lagi. Karena sumber gas di Sumsel besar. Kita coba alokasikan 100 ribu SR. Jadi, kalau 10 ribu SR untuk Palembang saja, saya kira mesti dapat," tambah Jonan.

Baca juga : Menteri Eko Jamin Penyeleweng Dana Desa Ditiindak Tegas

Dijelaskan, penggunaan jargas membuat masyarakat bisa berhemat dibandingkan menggunakan LPG. Sehingga, daya beli masyarakat akan meningkat. 

Selain itu, pelanggan juga dapat memanfaatkan gas alam sebagai energi yang bersih, praktis, ekonomis dengan suplai 24 jam dan lebih terjamin keamanannya.

Baca juga : Pemerintah Dorong Warga Binaan Jadi Wirausaha

"Gas kota memiliki berat jenis ringan dan tekanan rendah, sehingga dipastikan aman dipergunakan di rumah. Juga lebih praktis. Ibu-ibu tidak perlu repot membeli dan mengganti tabung LPG, jika habis," tandas Jonan. 

Jaringan gas Palembang dibangun di Kelurahan Tuan Kentang, Lima Ulu, Enam Belas Ulu dan Plaju Ulu. Jaringan gas Palembang mendapatkan suplai gas dari KKKS Medco Energy.

Baca juga : Wali Kota Tangerang Deklarasikan Pemilu Damai

Sejak dibangun pertama kali pada tahun 2009, kini total jargas yang dibangun dengan dana APBN mencapai 325.773 SR yang terdistribusi di 16 provinsi, 40 kabupaten/kota. Pada tahun ini, rencananya akan dibangun sebanyak 78.216 SR jargas di 18 lokasi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.