Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Vaksinasi Covid-19 Per Klaster Terus Didorong

Jokowi: Harus Jelas Siapa Yang Didahulukan

Kamis, 11 Februari 2021 13:23 WIB
Vaksinasi Covid-19 Per Klaster Terus Didorong Jokowi: Harus Jelas Siapa Yang Didahulukan

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan pentingnya vaksinasi Covid-19 per klaster, untuk mempercepat terciptanya kekebalan komunal. 

Hal ini disampaikan Jokowi, dalam acara Peresmian Pembukaan Musyawarah Nasional VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2021, yang ditayangkan langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (11/2).

"Kita ingin vaksinasi klaster, memagari sehingga tercipta kekebalan komunal. Di mal, misalnya. Karyawan di mal, bisa langsung divaksinasi, karena dia banyak sekali berhubungan dengan masyarakat," kata Jokowi.

Baca juga : Tekan Covid, Kiai Munif Dukung Gerakan Jateng Di Rumah Saja

Terkait hal itu, Jokowi juga menekankan pentingnya perencanaan vaksinasi secara detil. "Sekali lagi, perencanaan secara detil harus dipetakan. Kalau vaksin datang dalam jumlah banyak, harus jelas siapa yang didahulukan," katanya.

Jokowi juga menyampaikan, pemerintah memprioritaskan vaksin Covid bagi lansia. Serta terus berupaya mencari tambahan vaksin dari berbagai sumber. 

"Kami terus mengusahakan tambahan vaksin. Vaksin ini produsennya tidak banyak, tapi diperebutkan 215 negara. Rebutan semuanya," kata dia.

Baca juga : Hari ini, Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama di Kab Bogor Resmi Dimulai

Pemerintah daerah dan pemerintah kota diminta aktif membantu menyiapkan tenaga pelaksana vaksinasi, serta penyelenggaraan vaksinasi. "Di Puskesmas silakan melakukan, tapi harus ada yang dalam bentuk massal. Kumpulkan misalnya di GOR, balai kota, dan jumlah yang banyak. Sehingga  vaksinasi harian ini bisa kita lakukan suntikan vaksin dalam jumlah banyak, agar herd immunity (kekebalan komunal) dapat segera tercapai," papar Jokowi.

Vaksinasi Covid-19 secara massal sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Kompleks Istora Gelora Bung Karno pada 4 Februari 2021, yang menyasar 5.000 tenaga kesehatan.

Kegiatan serupa juga dilakukan di wilayah lain seperti Yogyakarta, Surabaya, dan Bandung.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.