Dewan Pers

Dark/Light Mode

Wapres Ma'ruf Amin Serahkan Bantuan Untuk Korban Banjir Di Karawang

Sabtu, 13 Februari 2021 16:50 WIB
Wapres Maruf Amin (tengah) saat menyerahkan paket bantuan untuk korban banjir Karawang, Jawa Barat, Sabtu (13/2). (Foto: Antara)
Wapres Maruf Amin (tengah) saat menyerahkan paket bantuan untuk korban banjir Karawang, Jawa Barat, Sabtu (13/2). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyerahkan paket bantuan untuk korban banjir Karawang, di Kantor Desa Karangligar, Jalan Pertamina 2, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Sabtu (13/2).

Di lokasi di Kecamatan Teluk Jambe Barat tersebut, Wapres secara simbolis menyerahkan bantuan dari Presiden, dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan pemerintah pusat kepada korban bencana banjir yang melanda Kabupaten Karawang dan sekitarnya.

Berita Terkait : BRI Salurkan Bantuan Sembako Untuk Warga

Adapun bantuan yang diberikan berupa paket sembako dari Presiden. Kemudian 600 paket makanan siap saji, 300 paket makanan anak, 300 lembar selimut, 300 lembar matras, 200 lembar kasur, 50 paket perlengkapan anak, dengan total bantuan senilai Rp 252.764.600.

Selain itu juga ada bantuan masker 300.000 buah, alat tes cepat antigen 10.000 unit, sarung 5.000 buah, matras 1.000 buah.

Berita Terkait : Ratusan Korban Banjir Di Kudus Masih Bertahan Di Pengungsian

Dalam sambutannya Wapres menyampaikan Presiden dan dirinya prihatin atas musibah banjir yang terjadi di Karawang. Wapres kembali menekankan bahwa upaya penanganan harus dilakukan bersama-sama.

"Di Jepang walau daerah bencana, tapi mereka siap, cepat sekali untuk mengantisipasi dan tanggap bencana yang mereka lakukan. Dan kita juga telah berkomitmen secara global yang disepakati PBB untuk menangani pascabencana ini, yaitu dengan cara lebih aman dan lebih berkelanjutan," ujarnya.

Berita Terkait : Jasa Marga Perbaiki Lubang Di Jalan Tol

Wapres meminta Kementerian PUPR dan kementerian terkait lainnya untuk ikut memperhatikan pembangunan bendungan dan normalisasi sungai. "Pemerintah pusat akan terus memantau sumber-sumber terjadinya bencana di berbagai daerah di Tanah Air," tegas Wapres. [SRI]