Dark/Light Mode

Masuk Tahap Akhir, Tol Cengkareng-Batuceper–Kunciran Rampung Bulan Ini

Rabu, 3 Maret 2021 08:57 WIB
Jalan Tol Cengkareng Batu Ceper dan Kunciran siap dioperasikan.
Jalan Tol Cengkareng Batu Ceper dan Kunciran siap dioperasikan.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pekerjaan pembangunan Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper  dan Kunciran sepanjang 14,19 Km masuk tahap akhir. 

Progres konstruksi jalan tol ini sudah mencapai 93,06 %. Ditargetkan, selesai Maret 2021..

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif dapat mengurangi biaya logistik, meningkatkan daya saing produk dalam negeri dan mengingkatkan konektivitas wilayah Metropolitan Jabodetabek. 
 
Basuki menerangkan, ruas tol Cengkareng ini dikelola langsung oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC), dengan nilai investasi sebesar Rp 1,96 triliun. 

Baca juga : Pemasangan ELTE Rampung Tahun Ini

Pembangunan Tol Cengkareng dibagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi I (Kunciran – Tirtayasa) sepanjang 2,04 Km, Seksi II (Tirtayasa – Benteng Betawi) sepanjang 3,52 Km. Kemudian Seksi III (Benteng Betawi – H Sastranegara) sepanjang 6,57 Km, dan yang terakhir Seksi IV (H Sastranegara – SS Benda) sepanjang 2,06 Km.

Tol Cengkareng akan dilengkapi 5 Gerbang Tol (GT), yakni GT Kunciran, GT Tirtayasa, GT Buaran Indah, GT Tanah Tinggi, dan GT Husein Sastranegara.  Selain itu, dilengkapi 3 Simpang Susun (SS), yaitu SS Kunciran, SS Belendung, dan SS Benda. 

“Ruas tol ini untuk memperlancar lalu lintas dan memangkas waktu perjalanan, sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta mengurangi beban lalu lintas Jalan Tol JORR I yang semakin padat setiap harinya,” kata Basuki, Rabu (3/3). 

Baca juga : Masuk Tiga Besar, Jordi Alba Yakin Barca Berpeluang Juara

Selain Tol Cengkareng, ada 6 ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II) lainnya adalah Jalan Tol Kunciran - Serpong (11,4 Km), Jalan Tol Serpong - Cinere (10,14 Km), Jalan Tol Cinere - Jagorawi (14,70 Km), Jalan Tol Cimanggis - Cibitung (26,18 Km), Jalan Tol Cibitung - Cilincing (34,02 Km). 

Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran nantinya juga akan tersambung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu. 

Selain itu,  jalan tol ini menjadi akses tol alternatif menuju Bandara Internasional Soekarno - Hatta dan wilayah sekitarnya. Ruas tol ini juga untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.