Dark/Light Mode

Lansia Diprioritaskan

Kejar Target 1 Juta Vaksinasi Per Bulan Ini, Kementerian BUMN Dan IHC Gelar Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama

Senin, 8 Maret 2021 09:40 WIB
Para lansia menunggu giliran vaksinasi Covid-19 di Istora Senayan, Jakarta, Senin (8/3). (Foto: Humas BUMN)
Para lansia menunggu giliran vaksinasi Covid-19 di Istora Senayan, Jakarta, Senin (8/3). (Foto: Humas BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian BUMN bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Pemda DKI, dan Indonesia Healthcare Corporation menyulap arena olahraga bersejarah di Ibu Kota: Istora Senayan menjadi Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama. 

Kegiatan yang dimulai pada Senin (8/3), ditujukan untuk mendorong percepatan program vaksinasi nasional. Demi mencapai target 1 juta vaksin per bulan ini. 

Sinergi antar lembaga pemerintahan dan daerah ini juga dilakukan untuk mendukung tahap kedua vaksinasi nasional, yang menyasar kalangan lanjut usia di DKI Jakarta. Dilanjutkan kalangan pekerja publik.

Terkait hal ini, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, percepatan vaksinasi nasional harus dilakukan demi mewujudkan Indonesia Sehat, sesegera mungkin.

Baca juga : Wapres: Yang Anti Vaksin Makin Sedikit

Menurutnya, dalam kondisi seperti ini, kolaborasi dan sinergi antar lembaga pemerintah dan daerah harus berjalan cepat dan strategis.

"Ini momen krusial, agar kita semua mempercepat program Indonesia Sehat demi mendukung Indonesia Bekerja. Lansia sebagai yang paling rentan, harus didahulukan," ujar Menteri BUMN, Erick Thohir di Jakarta, Selasa (8/3).

Kementerian BUMN menjadi lokomotif hadirnya Sentra Vaksinasi Bersama, demi mempermudah akses bagi publik. Serta mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi program pemerintah.

Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama juga akan digelar di kota-kota lain yang membutuhkan percepatan.

Baca juga : Program Vaksin Gotong Royong Bisa Percepat Vaksinasi Covid-19

“Sama seperti dengan apa yang kami lakukan di DKI Jakarta, kami juga akan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah yang membutuhkan percepatan, dan tentunya Kementerian Kesehatan,” jelas Erick.

Setiap hari, Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama ini menargetkan tak kurang dari 5 ribu pendaftar akan divaksin, dan akan dilakukan secara berturut-turut selama sekitar 4 bulan.

Data peserta diperoleh melalui pendaftaran dan pendataan berbasis teknologi dari Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, dan dari peserta umum yang berbasis komunitas.

"Kami bersyukur, sejak Covid-19 merebak, perusahaan-perusahaan BUMN sudah saling bersinergi dan kolaborasi untuk mengatasi pandemi. Kini dengan program vaksinasi nasional, saya juga ajak semua BUMN untuk saling bahu-membahu mempercepat vaksinasi nasional," papar Erick.

Baca juga : Pemprov Jabar Kantongi Jatah 97 Ribu Dosis Vaksin Covid-19

Kementerian BUMN dan BUMN telah mengambil peran penting dalam penanganan Covid-19, dan program vaksinasi Covid-19 nasional. Mulai dari pengadaan PCR, persiapan Wisma Atlet sebagai Rumah Sakit Darurat, hingga diplomasi vaksin secara bilateral dan multilateral. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.