Dark/Light Mode

Rampung, Ruas Tol Banda Aceh Sigli Seksi 3 Percepat Pemulihan Ekonomi

Rabu, 10 Maret 2021 09:10 WIB
Jubir Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja
Jubir Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah seksi 4, konstruksi seksi 3 Jalan Tol Banda Aceh-Sigli ruas Jantho-Indrapuri sepanjang 16 km akhirnya rampung. Ruas tol ini diharapkan mendorong pemulihan ekonomi di Aceh.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi Industri dan Lingkungan Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja mengatakan, bahwa Seksi 3 Jalan Tol Banda Aceh-Sigli telah selesai dibangun dan siap dioperasikan.

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 197/KPTS/M/2021 tanggal 26 Februari 2021 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 3 (Jantho-Indrapuri). 

Baca juga : Perluas 4 Bandara, AP I Percepat Pengembangan Konektivitas Udara

Dikatakan Endra, bahwa Seksi 3 Jalan Tol Banda Aceh-Sigli telah memenuhi persyaratan laik fungsi secara teknis, administratif, dan sistem operasi tol, sehingga dapat dioperasikan. 

Jubir PUPR ini mengaku, Uji Laik Fungsi (ULF) telah dilakukan pada tanggal 16-18 Desember 2020. Ruas ini dimanfaatkan sebagai jalur fungsional pada akhir tahun silam.

"Ruas ini merupakan bagian dari backbone jalan tol Trans Sumatera yang terletak di penghujung Utara, sekaligus ruas utama dalam sistem logistik yang menghubungkan Banda Aceh dan Medan," ujar Endra, Rabu (10/3). 

Baca juga : Jokowi Dorong BPPT Jadi Otak Pemulihan Ekonomi

Dengan rampungnya ruas tersebut, diharapkan akan mendorong pemulihan ekonomi di Aceh, terutama pada koridor Banda Aceh ke Sigli dan sebaliknya.

Pembangunan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli terdiri dari 5 seksi, yakni Seksi 1 Padang Tiji - Seulimeum (25 km), Seksi 2 Seulimeum - Jantho (6 km), Seksi 3 Jantho-Indrapuri (16 km), Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang (14 km), dan Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro (8 km). 

Jalan Tol Banda Aceh-Sigli merupakan salah satu ruas Tol Trans Sumatera yang menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN). 

Baca juga : Jokowi Tugasi Mendag Wujudkan Pertumbuhan Ekonomi 5 Persen

Dengan dibangunnya tol akan memangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan dari Banda Aceh ke Sigli dari sekitar 2-3 jam dengan kondisi jalan yang  berkelok-kelok melalui perbukitan menjadi  hanya 1 jam perjalanan. 

Pengusahaan Tol Banda Aceh-Sigli merupakan bagian dari penugasan pemerintah kepada PT Hutama Karya (Persero) dengan nilai investasi sebesar Rp 12,35 triliun dan biaya konstruksi sekitar Rp 8,99 triliun. Kontraktor pada ruas tersebut dipegang oleh PT Adhi Karya Tbk. 

Sebelumnya, Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 14 km pada Agustus 2020 telah diresmikan oleh Presiden Jokowi. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.