Dark/Light Mode

Jangan Cuma Beli Mesin Jadi

Jokowi Dorong BPPT Jadi Otak Pemulihan Ekonomi

Selasa, 9 Maret 2021 05:35 WIB
Presiden Jokowi  saat Pem­bukaan Rakernas Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi BPPT Tahun 2021 di Istana Negara, (8/3). (Foto : Instagram @jokowi).
Presiden Jokowi saat Pem­bukaan Rakernas Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi BPPT Tahun 2021 di Istana Negara, (8/3). (Foto : Instagram @jokowi).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menaruh harapan kepada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) agar menjadi otak pemulihan ekonomi nasional.

Dengan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, Jokowi optimis BPPT bisa berperan besar bagi pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

“Ada beberapa hal penting yang harus dilakukan BPPT agar bisa menjadi otak pemuli­han ekonomi secara extraordi­nary,” ujar Jokowi saat Pem­bukaan Rakernas Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi BPPT Tahun 2021 di Istana Negara, kemarin.

Baca juga : Operasional Posko Corona Terhambat

Pertama, BPPT harus berbu­ru inovasi dan teknologi untuk dikembangkan, serta siap diterapkan.

Jokowi meyakini, peneliti dan inovator serta lembaga penelitian pemerintah dan swasta memiliki banyak temuan. Dia menyebut, ada temuan awal yang masih perlu dikembangkan.

Namun, Jokowi juga menga­takan ada kemungkinan temuan yang sudah siap diterapkan dan langsung diindustrikan.

Baca juga : Pengusaha: Vaksinasi Jadi Semangat Bangkitkan Perekonomian Nasional

Selama pandemi, Jokowi me­lihat banyak inovasi alat keseha­tan yang ditemukan. Misalnya, ventilator hingga alat skrining seperti GeNose yang harganya terjangkau dan telah ditempatkan di banyak tempat penting.

“Ada juga rapid diagnostic test RI-GHA yang mampu men­deteksi adanya antibodi Covid- 19, dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Jokowi, ada pula temuan di bidang pangan dan energi yang bisa dimanfaatkan un­tuk efisiensi UMKM dan memper­mudah sinergi antara usaha kecil dengan besar, serta meningkatkan kualitas hidup rakyat.

Baca juga : Jokowi Tugasi Mendag Wujudkan Pertumbuhan Ekonomi 5 Persen

Kemudian, yang kedua, man­tan Wali Kota Solo itu meminta BPPT menjadi lembaga akuisisi teknologi maju dari mana pun. Dia melihat teknologi yang dibu­tuhkan untuk pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi belum diproduksi di dalam negeri di tengah cepatnya laju perkembangan teknologi global.

“Jadi, strategi akuisisi teknolo­gi dari luar negeri menjadi kunci percepatan pembangunan ekonomi,” katanya.

BPPTjuga harus mempersiap­kan strategi akuisisi teknologi dari luar negeri yang sangat bermanfaat dan bisa diimple­mentasikan secara cepat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.