Dark/Light Mode

Ditelepon Menkeu AS

Sri Mul, Silakan Berbunga-bunga

Sabtu, 13 Maret 2021 06:51 WIB
Ilustrasi Menkeu Sri Mulyani mendapat telepon dari Menkeu Amerika Serikat (AS) Janet Yellen. (Foto: Instagram Sri Mulyani)
Ilustrasi Menkeu Sri Mulyani mendapat telepon dari Menkeu Amerika Serikat (AS) Janet Yellen. (Foto: Instagram Sri Mulyani)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mendapat telepon dari Menkeu Amerika Serikat (AS) Janet Yellen. Dalam sambungan per telepon itu, Yellen menyampaikan niatnya untuk meningkatkan kerja sama regional dengan Indonesia. Kerja sama ini diharapkan mempercepat pemulihan ekonomi Tanah Air. Kalau soal ini, Sri Mul silakan berbunga-bunga.

Kabar Yellen mengontak Sri Mulyani ini sebenarnya sudah ramai diberitakan berbagai media asing sejak Selasa (9/3) lalu, atau tak lama setelah Yellen mengontak Sri Mulyani. 

Menurut Reuters, dalam pembicaraan itu, Yellen menyampaikam keinginannya untuk memperdalam dan memperluas kerja sama dengan Indonesia untuk mengatasi sejumlah masalah. Masalah yang dimaksud seperti keringanan utang bagi negara miskin yang terdampak pandemi, serta kerja sama dalam memperlambat perubahan iklim. 

Baca juga : Rudal dan Drone Serang Saudi, AS Warning Warganya Berhati-hati

Obrolan awal ini diharapkan menjadi fokus pembahasan ketika para menteri keuangan anggota G20 bertemu melalui telekonferensi pada awal April nanti. 

Sri Mulyani tak mau ketinggalan mengabarkan. Kamis lalu, ia juga menceritakan perihal obrolannya dengan Yellen, di akun Instagram miliknya, @smindrawati. Sri Mulyani mengunggah gambar ilustrasi dirinya dan Yellen sedang teleponan. 

Apa yang dibahas? Sri Mulyani menceritakan, ada sejumlah negara yang ingin meningkatkan kerja sama dengan Indonesia. "Salah satunya adalah Amerika Serikat," tulis Sri Mulyani, memberikan keterangan foto.  

Baca juga : Terapkan Prokes Ketat, DBL Seri Mataram Berjalan Lancar

Eks Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengungkapkan, Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi dunia tahun ini akan membaik. Ekonomi AS pun diprediksi akan meningkat tajam.

“Pemulihan ekonomi AS diharapkan memberikan dampak positif bagi dunia dalam bentuk pemulihan perdagangan internasional dan pemulihan aktivitas ekonomi," terang Sri Mulyani.

Ia juga berharap, kerja sama yang baik dan pemulihan ekonomi AS, juga bisa mendorong ekspor Indonesia ke AS. Dalam percakapan itu, Sri Mulyani juga membahas mengenai isu perubahan iklim, pembiayaan infrastruktur dan pendalaman pasar keuangan. 

Baca juga : Banjir Bekasi, Menteri PUPR Siapkan Langkah Ini...

Sampai tadi malam, unggahan tersebut sudah mendapat banyak tanda suka. Sebanyak 114 pengguna menuliskan komentar. Sebagian besar mengucapkan selamat kepada Sri Mulyani dan berharap, berbagai prediksi yang disampaikannya menjadi kenyataan. 

"Semoga perekonomian semakin membaik," tulis @arisurya10. "Semoga segera bangkit," timpal @joglomenoreh. "Semoga perekonomian semakin membaik menuju indonedia maju," ujar @mustangmursalim. 

Akun @chanerwin56 yakin, kalau ekonomi akan cepat pulih. "Ekonomi berjalan jika perbankan memberikan fasilitas kredit yang selama ini sepertinya jalan di tempat," ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.