Dark/Light Mode

Yang Penting, Prokes Kudu Ketat

Airlangga: Pemerintah Dukung Penuh Kampanye Nonton Di Bioskop

Sabtu, 20 Maret 2021 09:07 WIB
Menko Airlangga Hartarto (kanan) bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima audiensi dari para insan perfilman di Loka Kretagama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat (19/3). (Foto: Humas Kemenko Perekonomian)
Menko Airlangga Hartarto (kanan) bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima audiensi dari para insan perfilman di Loka Kretagama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat (19/3). (Foto: Humas Kemenko Perekonomian)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus berupaya memulihkan ekonomi nasional. Setelah beberapa waktu lalu menerima audiensi dari para pelaku industri kreatif -  khususnya animasi dan komik -, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, didampingi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menerima audiensi dari para insan perfilman di Loka Kretagama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat (19/3).

 “Bapak Presiden secara langsung telah memberi arahan kepada saya, khusus untuk industri perfilman, pekerja film dan pekerja budaya. Karena itu, kehadiran ini sangat penting. Saya juga sudah menerima usulan-usulan yang telah disampaikan teman-teman kepada Bapak Presiden,” kata Airlangga.

Baca juga : RI Makin Dilirik Investor, Pemerintah Terus Genjot Kemudahan Berinvestasi

Pada kesempatan tersebut, para insan perfilman yang hadir menyampaikan, 90 persen pemasukan industri perfilman berasal dari bioskop yang merupakan hilir dari industri ini.

Mereka menerangkan bahwa pemutaran film melalui digital platform atau streaming, belum bisa memenuhi kebutuhan produksi film.

Baca juga : Kemenhub Luncurkan Kampanye “Yuk Selamat Bersama”

Ramainya bioskop memiliki efek sampai ke pekerja film, sehingga kampanye menonton film di bioskop perlu digaungkan.

Selain itu, mereka juga menyampaikan usulan stimulus pengalokasian dana pemulihan ekonomi nasional, demi mendukung industri perfilman Indonesia.

Baca juga : Antusiasme Vaksin Tinggi, DPR Dukung Pembukaan Kembali Showbiz

“Saya telah membaca usulan-usulan yang disampaikan terkait alokasi dana pemulihan ekonomi nasional untuk sektor perfilman. Dari audiensi ini, saya berharap bisa mendapatkan data-data yang konkret dan akuntabel. Sehingga, bisa mendukung pemerintah dalam mengambil keputusan. Terutama kebijakan mendukung pemulihan di sektor perfilman,” jelas Airlangga.

Perwakilan tersebut memaparkan, pada tahun 2016 terdapat 2.418 jumlah usaha yang bergerak di sub-sektor film, animasi dan video, dengan jumlah tenaga kerja diproyeksikan lebih dari 50.000 orang pada tahun 2019.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.