Dark/Light Mode

Infeksi Dada, Dalai Lama Masuk RS

Rabu, 10 April 2019 14:01 WIB
Dalai Lama dalam konferensi pers di New Delhi, India, Kamis (4/11). (Foto: EPA-EFE)
Dalai Lama dalam konferensi pers di New Delhi, India, Kamis (4/11). (Foto: EPA-EFE)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama dilarikan ke sebuah rumah sakit di New Delhi, India, Selasa (9/4), akibat infeksi dada yang dideritanya. Menurut asisten pribadinya, selama ini, bhiksu berusia 83 tahun itu tidak memiliki keluhan apa pun terkait kesehatannya.

Dalai Lama yang hijrah ke India pada awal 1959 setelah gagal memimpin pemberontakan melawan China, tinggal di pengasingan  di perbukitan Dharamsala, India Utara. 

Baca juga : Industri Daur Ulang Solusi Atasi Sampah Plastik

"Setelah merasakan adanya keluhan, Dalai Lama langsung dilarikan ke New Delhi untuk menjalani pemeriksaan," ujar sekretaris pribadi, Tenzin Talkha, kepada Reuters.

Dari hasil pemeriksaan, Dalai Lama diketahui mengalami infeksi dada dan telah mendapatkan perawatan dan pengobatan yang sesuai. Saat ini, kondisinya stabil. "Dia perlu dirawat selama 2 atau 3 hari di rumah sakit," imbuh Talkha.

Baca juga : Setelah Dana Desa, Ada Dana Kecamatan, Asyik

Sedikitnya 100.000 Warga Tibet yang tinggal di India khawatir, perjuangan mereka untuk Tanah Air yang benar-benar otonom, bakal berakhir di tangan Dalai Lama.

"Begitu Dalai Lama meninggal,inkarnasinya mungkin akan ditemukan di India. Penggantinya yang berbau China, tidak akan dihargai," ujar seorang warga Tibet, seperti dikutip Reuters. 

Baca juga : Satgas Antimafia Bola Tak Akan Masuk Angin

China, yang mengambil kendali Tibet pada tahun 1950, menyebut peraih Nobel Perdamaian itu sebagai separatis yang berbahaya, dan mengatakan para pemimpinnya memiliki hak untuk mencari pengganti Dalai Lama, sebagai warisan Kaisar Tiongkok. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.