Dark/Light Mode

Ini Kronologi Kapal KMP Namparnos Hanyut Terbawa Arus, Hingga Nabrak KM Camara Nusantara 6 Di NTT

Selasa, 6 April 2021 09:45 WIB
Ini Kronologi Kapal KMP Namparnos Hanyut Terbawa Arus, Hingga Nabrak KM Camara Nusantara 6 Di NTT

 Sebelumnya 
Kronologi kejadian tersebut bermula pada pukul 13.42 waktu setempat. Kala itu, Mualim 2 mendengar panggilan pada alat komunikasi VHF CH 12 dari KMP Namparnos, yang menyatakan kapalnya sedang hanyut, dan mengalami trouble engine atau kendala mesin.

“Kemudian pada pukul 13.44, langsung dijawab oleh Mualim 2 KM Camar Nusantara 6 yang langsung melapor kepada Nakhoda. Bahwa ada kapal hanyut yang mendekat ke KM Camara Nusantara 6,” terang Ahmad.

Pada saat itu, nakhoda yang sudah berada di anjungan kapal, langsung memerintahkan seluruh Anak Buah Kapal (ABK) untuk melakukan persiapan mesin dan menyiapkan dapra.

Baca juga : Terbangkan BlackHawk, Kaki Diamputasi Di Irak

Tapi, apa daya, KMP Namparnos hanyut terlalu cepat. Sementara KM Camara Nusantara 6 belum sempat menyalakan mesin, sehingga menabrak haluan kapal KM Camara Nusantara 6 pada pukul 13.51.

“Kemudian untuk menghindari benturan dan gesekan yang lebih parah, KMP Namparmos kita ikat/tender di sebelah kiri KM Camara Nusantara 6,” ungkap Ahmad.

Seluruh kru KMP Namparnos diselamatkan oleh seluruh awak kapal Camara Nusantara 6. Kapal KMP Namparnos diikatkan ke Kapal Camara Nusantara 6, agar tidak terbawa arus lebih jauh karena mesin tidak berfungsi.

Baca juga : Ini Kronologis Pesawat Batik Air Yang Mendarat Darurat di Kupang

Pengikatan KMP Namparnos di Kapal Camara Nusantara 6 menggunakan dampra, agar kapal Camara Nusantara 6 tetap terlindungi dari benturan dari KMP Namparnos.

Ahmad memastikan, kondisi kedua kapal dalam posisi aman. Namun, akibat dari gesekan dan benturan tersebut belum bisa diketahui dan didokumentasikan. Mengingat kondisi cuaca buruk yang belum mendukung untuk turun dari kapal.

"Kami akan segera melakukan inspeksi dan dokumentasi dampak dari benturan dan gesekan tersebut, jika kondisi cuaca sudah memungkinkan,” tutupnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.