Dark/Light Mode

Poltekpel Banten Lantik 143 Perwira Pelayaran Niaga

Sabtu, 10 April 2021 20:58 WIB
Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten menggelar pelantikan Perwira Pelayaran Niaga Ahli Nautika dan Teknika Tingkat III dan IV Tahun 2021, Sabtu (10/4). (Foto: Ist)
Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten menggelar pelantikan Perwira Pelayaran Niaga Ahli Nautika dan Teknika Tingkat III dan IV Tahun 2021, Sabtu (10/4). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten menggelar pelantikan Perwira Pelayaran Niaga Ahli Nautika dan Teknika Tingkat III dan IV Tahun 2021, Sabtu (10/4).

"Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seluruh wisudawan serta tamu undangan telah dinyatakan negatif dalam tes swab antigen," ujar Direktur Poltekpel Banten, Heru Widada, dalam siaran pers, Sabtu (10/4).

Sebanyak 143 wisudawan/wisudawati itu dilantik Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Sekjen Kemenhub) Djoko Sasono yang menjadi inspektur upacara, di Auditorium Aldebaran.

Rinciannya, Diklat Pelaut Tingkat III Nautika sebanyak 34 orang, Diklat Pelaut Tingkat III Teknika 37 orang, Diklat Pelaut Tingkat IV Nautika berjumlah 39 orang, dan Diklat Pelaut Tingkat IV Teknika berjumlah 33 orang.

Baca juga : Progres Pembangunan PLTA Jatigede Capai 85 Persen, Ditarget Kelar Tahun Ini

Empat wisudawan terbaik dari masing-masing tingkat itu adalah Nurul Hidayat dari Diklat Pelaut Tingkat III Nautika dengan nilai 80,50 dan Ricky Feryani Lolaroh dari Diklat Pelaut Tingkat III Teknika dengan nilai 80,00.

Kemudian, Fajar Setiaji dari Diklat Pelaut Tingkat IV Nautika dengan nilai 80,23, dan Dean Alphaville dari Diklat Pelaut Tingkat IV Teknika dengan nilai 80,6.

Saat memberikan amanat upacara, Djoko mengingatkan seluruh perwira pelayaran yang dilantik hari ini untuk menjaga semangat, terus belajar, serta meningkatkan knowledge (pengetahuan) dan skill (keahlian) untuk dapat terus bersaing dengan pelaut-pelaut dari negara lain.

"Serta tingkatkan attitude yang saat ini menjadi poin yang tidak kalah penting dari knowledge dan skill," pesan Djoko.

Baca juga : Risma Latih 1.000 Nelayan Menjadi Sahabat Tagana

Djoko juga mengucapkan selamat dan sukses kepada civitas akademika Poltekpel Banten yang telah berhasil melaksanakan kegiatan pendidikan dan pelatihan kepada seluruh peserta Diklat Pelaut Tingkat III dan IV.

Dia berharap, Poltekpel Banten terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan, serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan peserta diklat.

"Untuk menghasilkan sumber daya Manusia (SDM) transportasi laut yang andal, profesional, dan berintegritas untuk mengarungi seluruh lautan, baik di Indonesia maupun di luar negeri," harapnya.

Selain itu, Djoko juga mendoakan para perwira yang baru dilantik diberi kemudahan dalam berkarir dan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Juga, berhasil dan sukses dalam meraih cita-cita. "Serta menjadi pelaut yang handal dan profesional di kancah nasional dan Internasional," tutup Djoko.

Baca juga : Polisi Datangi Rumah Perempuan Penyerang Mabes Polri

Tema "Sustainable Shipping For A Sustainable Planet" yang diangkat dalam pelantikan perwira pelayaran niaga itu merupakan komitmen International Maritime Organization (IMO) untuk membantu negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Hal ini merupakan salah satu dari 17 tujuan pembangunan berkelanjutan PBB.

Poltekpel Banten sebagai salah satu lembaga pendidikan dan pelatihan pelayaran diharapkan dapat mencetak SDM Pelaut yang tangguh dan memiliki KSA (Knowledge, Skill, Attitude) yang mumpuni untuk melaksanakan pekerjaan di atas kapal dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan laut. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.