Dark/Light Mode

Jokowi Optimis Kurva Covid Melandai Di Bulan Juli, Tapi Ada Syaratnya...

Kamis, 15 April 2021 11:27 WIB
Tangkapan layar Presiden Jokowi dalam Rapat Koordinasi Kepala Daerah Tahun 2021 pada Rabu (14/4). (Sumber: YouTube)
Tangkapan layar Presiden Jokowi dalam Rapat Koordinasi Kepala Daerah Tahun 2021 pada Rabu (14/4). (Sumber: YouTube)

 Sebelumnya 
Jokowi mengingatkan, pada Januari 2021, kasus harian kita berada di angka 14-15 ribu. Namun, dua minggu terakhir, angkanya turun cukup konsisten di kisaran 4-6 ribuan.

Dengan alasan itu, Jokowi meminta kepala daerah untuk konsisten menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, untuk mendeteksi kasus baru yang ada dan mengisolasi wilayah terjangkit Covid, sebelum kasusnya meluas.

Baca juga : Asyik Nih! Ada Tur Wisata Edukasi Di Bandara YIA, Ini Syaratnya

"Jangan sampai kita me-lockdown kota atau kabupaten. Kalau ada kasus di sebuah desa, ya cukup desanya saja yang diisolasi," cetusnya.

Selain itu, Jokowi juga meminta kepala daerah agar tak kendor dalam urusan sosialisasi penegakan protokol kesehatan. Bersama TNI/Polri dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Baca juga : Jokowi Minta Banjir Bandang Di NTT Dan NTB Segera Ditangani

Penanganan bagi yang membutuhkan pengobatan Covid, juga harus diperhatikan. "Cek obatnya masih atau tidak. Ketersediannya bagaimana untuk beberapa bulan ke depan. Kita harus detail. Nggak bisa sambil lalu, untuk urusan Covid dan ekonomi," tutur Jokowi.

Tak kalah penting, Jokowi juga meminta seluruh kepala daerah mendukung penuh program vaksinasi Covid, dengan sasaran yang jelas. Yakni tenaga kesehatan, pelayan publik, lansia, dan lokasi-lokasi yang memiliki tingkat interaksi dan mobilitas tinggi.

Baca juga : Bupati Sumedang: Alhamdulillah Tidak Bergejala

"Dengan cara ini, kita harapkan pemulihan kesehatan bisa segera tercapai. Juli nanti, targetnya 70 juta penduduk kita harus sudah divaksin. Kurva Covid akan melandai, kalau 70 juta penduduk itu sudah divaksin," tandas Jokowi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.