Dark/Light Mode

Pak Wali, Pak Jokowi Boleh Mudik Ke Solo?

Gibran: Nggak!

Jumat, 23 April 2021 07:30 WIB
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Facebook/GibranRakabuming)
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Facebook/GibranRakabuming)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengeluarkan aturan larangan mudik untuk mencegah penyebaran Corona. Aturan ini juga berlaku untuk bapaknya, Presiden Jokowi.

Larangan mudik itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Nomor 067/1156. Salah satu poinnya mengatur larangan mudik 1-17 Mei 2021. Bagi yang melanggar, diancam sanksi karantina 5 hari.

Atas dasar ini, Gibran memastikan ayah dan ibunya, Pak Jokowi dan Ibu Iriana juga tidak bisa pulang kampung ke Solo. “Nggak (Jokowi). Nggak mudik,” tegasnya, saat menjawab pertanyaan media soal Jokowi di Balai Kota Solo, Rabu (21/4).

Berita Terkait : Pemerintah Perpanjang Larangan Mudik Lebaran, Mulai 22 April Hingga 24 Mei 2021

Meski begitu, SE Wali Kota 067/1156 masih memberikan toleransi bagi sebagian masyarakat yang memilili kepentingan mendesak. Seperti: perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal, dan persalinan ibu hamil.

Pengecualian itu tentu ada syaratnya. Bagi masyarakat yang ingin memasuki Solo harus membawa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dan hasil tes swab PCR atau antigen negatif. Adapun surat izin bagi pelaku perjalanan dinas harus ditandatangani pejabat setingkat eselon II. Bagi pegawai swasta, surat izin harus ditandatangani pimpinan.

Sementara itu, bagi pekerja informal dan nonpekerja harus membawa surat keterangan dari kepala desa atau kelurahan. Surat dilengkapi dengan keterangan asal dan tujuan daerah beserta nomor telepon.

Berita Terkait : No Mudik, No Cry..!

Jika masih ada yang membandel, Gibran telah menyiapkan rumah karantina di Solo Technopark. Bagi yang mampu, boleh karantina di hotel.

“Kita sediakan dua tempat. Nanti kita pakai dulu satu tempat di Solo Technopark. (Karantina hotel) itu buat yang mampu. Nanti ada (kategorinya),” cetus ayah Jan Ethes ini.

Benarkah Jokowi tidak mudik? Juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman memastikan orang nomor wahid di Indonesia itu tidak akan mudik. Untuk memberi contoh yang baik, Jokowi bahkan meminta seluruh anggota Kabinet Indonesia Maju juga tidak mudik Lebaran.

Berita Terkait : Jokowi: Jangan Mudik Dulu, Utamakan Keselamatan

“Presiden bersama semua menteri, wakil presiden, semua kepala lembaga itu tidak akan mudik atau pulang kampung. Karena mereka semua akan memberikan teladan kepada masyarakat untuk tidak mudik Lebaran,” tegas Fadjroel.
 Selanjutnya