Dark/Light Mode

Menteri Sandi Minta Pelaku UMKM Aceh Manfaatkan Ekosistem Digital

Selasa, 4 Mei 2021 11:43 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno

RM.id  Rakyat Merdeka - Kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno di Provinsi Aceh, membawa berkah bagi pelaku usaha ekonomi kreatif. 

Mantan Cawapres dari Partai Gerindra ini membawa segudang pengalaman dan amunisi untuk membangkitkan salah satu sektor yang sempat terpuruk akibat diterjang pandemi Covid-19. 

Baca Juga : Bos BI: ASEAN Sepakat Perkuat Ketahanan Ekonomi

Sandi berkomitmen membantu para pelaku ekonomi kreatif di sentra-sentra UMKM Aceh, untuk masuk ke ekosistem digital, dan memasarkan produknya melalui marketplace. 

Tak hanya itu, demi menggeliatkan usaha di sektor ekonomi kreatif dan membuka lapangan kerja, Sandi juga mengajak masyarakat untuk rajin berbelanja. 

Baca Juga : Sudah 90 Persen, Bendungan Ladongi Di Sultra Rampung Akhir 2021

"Bukan hanya mengajak atau mengimbau, tapi menghadirkan program pendampingan agar para pelaku ekonomi kreatif ini bisa bangkit dan pulih, usahanya bisa berkembang dan lebih banyak membuka lapangan kerja," kata Sandi dalam keterangannya, Selasa (4/5). 

Selama kunjungan kerja ke Serambi Mekah, Sandi mendapati berbagai macam produk ekonomi kreatif yang siap dipasarkan. Di antaranya, produk kosmetik halal dengan bahan baku rempah cokelat dan asiri, hingga produk-produk kerajinan unggulan Aceh yang dihasilkan masyarakat di sentra UMKM Dayah Laboh.

Baca Juga : Menag : Yang Tertib Ya !

Sandi berharap, minat para pelaku ekonomi kreatif di Aceh dengan memanfaatkan ekosistem digital, maka penjualan mereka meningkat. 

"Harapan saya produk ekonomi kreatif dan kerajinan ini bisa meningkat dari segi penyerapan teknologinya, baik teknologi pemasaran, penjualan dan pembayaran melalui online, dan juga akan dibantu pemasarannya," tutur mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu. [UMM]