Dark/Light Mode

Satgas Ops Nemangkawi Tembak Mati 2 Teroris KKB Ilaga

Minggu, 16 Mei 2021 17:41 WIB
Kepala Satgas Humas Ops Nemangkawi Kombes Pol. M Iqbal Alqudusy. [Foto: Satgas Ops Nemangkawi]
Kepala Satgas Humas Ops Nemangkawi Kombes Pol. M Iqbal Alqudusy. [Foto: Satgas Ops Nemangkawi]

RM.id  Rakyat Merdeka - Satuan Tugas Operasi Gabungan TNI/Polri Nemangkawi menembak tiga anggota kelompok teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Mayumberi, Ilaga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua, Minggu (16/5/2021).

Penembakan itu terjadi setelah aksi saling tembak antara Satgas Nemangkawi dan Kelompok Lekagak Talenggeng di Jembatan Mayumberi sekitar pukul 03.19 WIT. Demikian informasi dari keterangan tertulis Satgas Nemangkawi yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca Juga : Muhadjir: Antisipasi Arus Balik Lebaran Bukan Hanya di DKI

"Pada pukul 04.12 TNI/Polri berhasil menembak tiga teroris anggota Kelompok Teroris Lekagak Talenggeng. Dua teroris meninggal dunia, dan satu orang melarikan diri dengan kondisi tertembak," kata Kepala Satuan Tugas Bidang Hubungan Masyarakat Operasi Nemangkawi, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy.

Ia menerangkan, TNI/Polri masih melakukan penyisiran di sekitar lokasi baku tembak dan petugas masih mengejar satu anggota KKB yang melarikan diri. "Seorang KKB yang melarikan diri dengan membawa satu pucuk senjata jenis AK47 milik teroris yang meninggal dunia,” katanya.

Baca Juga : Kasus Positif Nambah 3.080, Jawa Barat Ranking 1, DKI Terdepak Dari 5 Besar

Iqbal menginformasikan, telah dilakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Mayumberi pada Minggu.

Hasil pemeriksaan sementara, petugas menemukan dan menyita sejumlah barang bukti, antara lain satu senapan organik jenis Mauser 7,62 mm, satu buah alat komunikasi handy talkie, 17 butir peluru, empat selongsong peluru, dan dua jasad anggota KKB.

Baca Juga : 270 Pemudik Jalani Rapid Rest di Pos Pemeriksaan Cikarang Timur, 4 Reaktif

Dia menegaskan, TNI/Polri akan terus mengejar kelompok teroris KKB di Zona MINI (Mimika, Intan Jaya, Nduga, dan Ilaga). Walaupun demikian, kata Iqbal, situasi di Kota Ilaga masih kondusif dan aktivitas warga seperti kegiatan ibadah di gereja-gereja dan kegiatan di pasar berlangsung normal.

"Aktivitas warga seperti biasa, baik kegiatan ibadah gereja maupun kios-kios di pasar ramai penjual dan pembeli," kata Iqbal sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis Satgas Ops Nemangkawi.
 Selanjutnya