Dark/Light Mode

PUPR Siapkan Tenaga Kerja Handal Untuk Bangun Rumah Subsidi

Selasa, 18 Mei 2021 23:55 WIB
Pembangunan rumah bersubsidi terus digenjot.
Pembangunan rumah bersubsidi terus digenjot.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencanangkan Gerakan Bangun Rumah Subsidi Berkualitas dengan membuka pelatihan 3000 tenaga kerja manajemen konstruksi bagi pengembang, di Jakarta, Selasa (18/5). 

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, pelatihan tenaga kerja manajemen konstruksi  banyak diminati masyarakat yang ingin mengikutinya. 

Baca juga : KKP Pastikan Tak Ada Izin Penangkapan Ikan Untuk Kapal Asing

"Faktor Sumber Daya Manusia (SDM) masih memiliki peran yang sangat besar dalam mewujudkan rumah berkualitas disamping penggunaan teknologi informasi," kata Basuki, Selasa (19/5). 

Basuki menambahkan, program perumahan ini masih tetap menjadi prioritas Presiden Jokowi. "Meskipun adanya refocusing anggaran saat pandemi, subsidi perumahan tetap ditingkatkan demi mempercepat pemenuhan kepemilikan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Indonesia," ujarnya

Baca juga : KemenPUPR: Gerakan Bangun Rumah Subsidi Ringankan Beban Masyarakat

Gerakan tersebut diwujudkan melalui bantuan pembiayaan perumahan oleh Pusat Pengelolaan dan Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (DJPI), Kementerian PUPR. Bantuan tersebut meliputi, Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis  Tabungan (BP2BT), dan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM).

Basuki juga berharap gerakan ini dapat menggairahkan iklim usaha industri perumahan selain konstruksi itu sendiri. "Persepsi rumah subsidi yang berkualitas rendah harus dihilangkan. Saat ini, rumah subsidi harus menjadi rumah yang berkualitas dan layak huni. Bukan saja bangunannya tetapi juga lingkungannya." ucapnya

Baca juga : PT KAI Ingatkan KA Jarak Jauh Bukan Untuk Kepentingan Mudik

Selain itu, penggunaan aplikasi Sistem Pemantauan Konstruksi (SiPeTruk) juga turut mempermudah proses pembangunan rumah susbsidi. Dengan aplikasi ini baik Pemerintah, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya dapat memastikan setiap proses konstruksi berjalan secara akuntabel dan transparan. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.