Dark/Light Mode

Mendikbud: Jangan Unggah Soal UN di Internet

Senin, 22 April 2019 12:42 WIB
Mendikbud Muhadjir Effendy saat meninjau pelaksanaan UN di SMP Negeri 11, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (22/4). (Foto: Antara)
Mendikbud Muhadjir Effendy saat meninjau pelaksanaan UN di SMP Negeri 11, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (22/4). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta siswa tidak mengunggah soal Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) di internet atau media sosial.

"Kemarin waktu UN SMA memang terjadi. Saya kira, memang ada keteledoran dari pihak pengawas dan peserta juga tidak tahu kalau itu masalah besar, masalah kedisiplinan dan kejujuran. Jadi, ini jangan diulangi lagi," ujar dia saat meninjau pelaksanaan UN di SMPN 11 Jakarta, seperti dikutip Kantor Berita Antara, Senin (21/4).

Baca juga : Moeldoko : Jangan Emosi, Tunggu Keputusan KPU

Muhajir menegaskan, siswa yang mengunggah soal di internet atau media sosial bisa mendapatkan sanksi nilai nol. Dengan kata lain, harus mengulang UN. Begitu juga pengawas. Hak mengawas bisa dicabut, dan tidak boleh mengawas UN lagi.

Sebelumnya, sejumlah siswa SMA yang mengikuti UN, memotret soal UNBK dan kemudian menyebarkannya melalui media sosial. "Untuk itu, kami meminta peserta UN SMP tidak melakukan hal itu," tandas Muhajir.

Baca juga : Mendulang Suara Dari Event Sport

Sebanyak 4.279.008 siswa mengikuti Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTS) yang dilaksanakan mulai Senin (22/4) hingga Kamis (25/4) mendatang.

Untuk sejumlah wilayah, seperti Papua, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Timur, UN baru akan dilaksanakan pada 23 April.

Baca juga : Masih Banyak Yang Anggap Demokrasi Itu Bidah

UN tingkat SMP/MTS mengujikan empat mata pelajaran, yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

UN SMP dan MTS diikuti 56.505 sekolah, yang terdiri atas 39.326 SMP dan 17.719 MTS. Jumlah sekolah yang mengikuti UNBK mencapai 78 persen. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.