Dark/Light Mode

Mendulang Suara Dari Event Sport

Selasa, 9 April 2019 07:13 WIB
Ngopi - Mendulang Suara Dari Event Sport
Catatan :
BARATA KRISNA

RM.id  Rakyat Merdeka - Berbagai cara digunakan oleh para calon legislatif demi meraup suara di daerah plihannya. Bikin donor darah, pengobatan gratis, pasar murah, aktivitas religi, tak terkecuali turnamen.

Nah, setahu saya olahraga, seharusnya menjadi aktivitas yang steril dari kegiatan politik. Itu sudah tertuang dalam Piagam Olimpik atau Olympic Charter.

Salah satu butirnya adalah kegiatan olahraga tidak boleh disponsori institusi maupun perorangan dalam rangka kegiatan politik. Namun, aparat desa atau pemerintah daerah barangkali belum tahu apa itu isi Olympic Charter.

Baca juga : Perang Citra Jadi Magnet Massa

Termasuk masyarakat pedesaan. Ya kalau sudah begini bebas-bebas sajalah ada ajang kegiatan olahraga yang didalamnya disusupi pesan pemilihan caleg.

Celah ini dimanfaatkan oleh mereka agar memperbesar peluang jadi wakil rakyat, termasuk DPD, DPRD bahkan DPR dengan mendulang suara dari penggemar olahraga.

Fenomena ini juga sudah terlihat sejak saya menikah dengan Lisawati Liem, wanita Karawang awal 2017 lalu. Sejak mempersiapkan pernikahan hingga sekarang, sesekali saya meluangkan waktu untuk datang ke kampung halamannya itu.

Baca juga : Indonesia Kembangkan Green Avtur Dari Minyak Sawit

Banyak kegiatan olahraga yang digelar caleg di sini. Mungkin daerah ini terhitung jauh dari ibukota sehingga kegiatan politik berbungkus olahraga dapat digelar tanpa larangan apapun.

Eventnya macam-macam. Ada kejuaraan sepakbola antardesa dengan memperebutkan piala dengan nama Sang Caleg.

Bila kejuaraan diperuntukkan bagi warga desa berusia senior, mereka tentu berharap peserta kejuaraan pada akhirnya akan mencoblos Sang Caleg di TPS 17 April nanti.

Baca juga : Menpora Apresiasi Kesuksesan Event Piala Presiden E-Sports 2019

Tentu eventnya tak melulu sepak bola, tapi juga cabang olahraga lain yang cukup populer dan peserta serta penontonnya banyak. Bisa bola voli, bulutangkis atau cabang lain.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :