Dark/Light Mode

Stok Terjaga Sesuai Target Pemerintah

Hari Ini, 8 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Bandara Soekarno-Hatta

Selasa, 25 Mei 2021 10:58 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers  dalam penerimaan vaksin Sinovac di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (25/5). (Sumber: YouTube)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers dalam penerimaan vaksin Sinovac di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (25/5). (Sumber: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketersediaan vaksin yang cukup memadai melalui Program Vaksinasi Pemerintah dan Vaksinasi Gotong Royong, mendukung upaya percepatan vaksinasi di Indonesia.

Pemberian vaksinasi diharapkan dapat meningkatkan rasa percaya diri masyarakat, untuk beraktivitas kembali dan menggerakkan perekonomian.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan, pemerintah selalu menjaga ketersediaan stok vaksin. Agar pelaksanaan vaksinasi sesuai target yang telah ditetapkan.

Baca juga : Besok, 8 Juta Bulk Vaksin Sinovac Tiba Di Tanah Air

Hal itu disampaikan Airlangga di area kargo Garuda Indonesia, dalam konferensi pers kedatangan vaksin tahap ke-13 sebanyak 8 juta dosis bulk vaksin Sinovac yang telah sampai pada Selasa (25/5) pagi.

"Pemerintah selalu memastikan keamanan (safety), mutu (quality), dan khasiat (efficacy). Masyarakat tidak perlu ragu untuk melakukan vaksinasi. Vaksin telah melalui proses evaluasi oleh Badan POM yang juga telah mendapatkan pertimbangan dari ITAGI, WHO, dan para ahli," papar Airlangga.

"Dengan kedatangan vaksin Sinovac hari ini maka total vaksin yang telah diterima Indonesia menjadi sebanyak 83,9 juta dosis," tambahnya.

Baca juga : Butuh 6 Juta Dosis Vaksin, Bali Baru Terima 1,9 Juta

Airlangga juga mengatakan, Presiden Jokowi menyebut vaksinasi Covid-19 menjadi game changer, yaitu salah satu langkah krusial yang menentukan kesuksesan dalam mengakhiri pandemi ini.

Untuk mencapai herd immunity, dibutuhkan 70 persen penduduk atau sekitar 181,5 juta jiwa yang perlu divaksinasi.

Hingga saat ini, pemerintah telah merealisasikan pelaksanaan vaksinasi Tahap I bagi SDM Kesehatan dan Tahap II bagi lansia dan pejabat publik.

Baca juga : Ketua DPR Apresiasi Stakeholder Bandara Soekarno-Hatta

"Untuk mempercepat tercapainya herd immunity, pemerintah segera memulai vaksinasi tahap ketiga yaitu bagi masyarakat rentan. Dengan memperhatikan beberapa aspek, seperti aspek geospasial dengan angka kasus Covid-19 yang tinggi atau zona merah, dan aspek sosial ekonomi," pungkas Airlangga.

Momen kedatangan vaksin kali ini turut dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono, Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito, dan Direktur Utama Biofarma Honesty Basyir. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.