Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Terapkan Prokes Ketat, Rangkaian Peringatan Hardiknas di Singapura Berlangsung Semarak

Rabu, 5 Mei 2021 22:58 WIB
Foto: Perayaan Hardiknas di Sekolah Indonesia Singapura. (Foto: Ist)
Foto: Perayaan Hardiknas di Sekolah Indonesia Singapura. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura setiap tahunnya memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada tanggal 2 Mei. Situasi pandemi tak menyurutkan semangat perayaan dengan memanfaatkan teknologi dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Tahun ini, tema Hardiknas yang diangkat adalah "Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar". Puncak acara dari rangkaian peringatan Hardiknas, diselenggarakan upacara di Sekolah Indonesia Singapura secara tatap muka. Tentunya, dengan prokes yang ketat.

Upacara dipimpin langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo dan dihadiri perwakilan Home Staff KBRI, guru-guru, perwakilan siswa SD, SMP, SMA dan Sekolah Indonesia di Singapura. 

Upacara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan pembacaan naskah pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim.

Baca juga : KBRI Moskow, Peringati Hardiknas Dengan Pemilihan Putra Putri Permira

Dalam pidatonya, Mendikbudristek menyampaikan empat upaya yang telah dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Pertama adalah perbaikan pada infrastruktur dan teknologi. Kedua, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan. Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya. Keempat, perbaikan kurikulum, pedagogi dan asesmen," urai Dubes Suryo Pratomo, membacakan naskah pidato Mendikbudristek.

Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional oleh KBRI Singapura ditutup dengan beberapa pertunjukan. Di antaranya, penampilan paduan suara virtual yang merupakan kolaborasi KBRI Singapura dan Persatuan Pelajar Indonesia Singapura.

Mereka membawakan lagu "Guruku Tersayang dan Hymne Guru", penampilan musik angklung dan kolintang, serta tarian yang dibawakan siswa-siswa Sekolah Indonesia Singapura.

Baca juga : Terapkan Prokes Ketat, Gubernur Lampung Puji ASDP

Atase Pendidikan di Singapura, Veronica Enda Wulandari menyampaikan, tahun ini gelaran Hardiknas menampilkan berbagai kegiatan yang melibatkan pelajar serta masyarakat Indonesia di Singapura, bersama warga sekitar.

Di antaranya, lomba membuat vlog berbahasa Indonesia tentang kebudayaan Indonesia yang dilaksanakan pada 2 Mei lalu.

Dikatakan Enda, jumlah peserta lomba vlog semakin meningkat. Hal ini menunjukan, animo masyarakat Singapura terhadap budaya dan bahasa Indonesia kian besar.

Lomba vlog ini terbagi dalam dua kategori. Untuk lomba kategori usia 18 tahun sampai 30 tahun, dimenangkan Glevincia, warga negara Singapura. Dia meraih juara I. Sedangkan juara II dan III adalah Varenya dan Tristan, yang juga merupakan warga negara Singapura.

Baca juga : BI : Realisasi PEN Dorong Kebangkitan Ekonomi Di Tengah Pandemi

Kemudian untuk kategori anak-anak usia 7 tahun sampai 17 tahun, juara I diraih AIAN Boys kolaborasi dari Alviss, Ignatius, dan Nicholas, warga negara Singapura. Kemudian, juara II diraih oleh Sebastian warga negara Inggris. Sementara juara III adalah Elise, warga negara Perancis.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.