Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KPK Gelar Penguatan Antikorupsi Bagi Penyelenggara Negara

Rabu, 2 Juni 2021 20:50 WIB
Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai upaya peningkatan kesadaran dan pengetahuan antikorupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelenggarakan program Penguatan Antikorupsi Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas).

"Program ini meliputi Pembekalan Antikorupsi dan Diklat Pembangunan Integritas," ujar Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding lewat pesan singkat, Rabu (3/6).

KPK mengundang 10 kementerian/lembaga sesuai dengan fokus area KPK tahun ini, yakni sektor Sumber Daya Alam (SDA), Aparat Penegak Hukum (APH), tata niaga, politik, dan pelayanan publik.

Baca juga : Tangsel Gelar Sentra Vaksinasi Lansia Dan Penyandang Disabilitas

Sepuluh kementerian/lembaga tersebut, yaitu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Hukum dan Kementerian Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Kemudian Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Sosial (Kemensos), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

"PAKU Integritas melibatkan penyelenggara negara dan pasangannya. Dengan harapan, agar pencegahan korupsi juga bisa dimulai dari keluarga," imbuhnya.

Baca juga : FIBA Asia Cup 2021, Indonesia Kudu Sukses Prestasi Dan Penyelenggaraan

Pada tahun 2012-2013, diungkapkan Ipi, KPK melakukan Baseline Study Pencegahan Korupsi Berbasis Keluarga dengan wilayah studi Kota Yogyakarta dan Solo. "Keluarga berperan signifikan dalam membangun budaya antikorupsi," beber Ipi.

Program PAKU Integritas terdiri dari 9 batch pembekalan dan 4 batch diklat, yang akan berlangsung dari Juni hingga September 2021.

Seri pertama akan digelar besok, Kamis (3/6), pukul 09.00-12.00 WIB di Gedung Merah Putih KPK dengan peserta dari Kementerian ESDM. Akan hadir Menteri ESDM, Sekretaris Jenderal, Inspektur Jenderal, dan jajaran Direktur Jenderal di lingkungan Kementerian ESDM beserta pasangan masing-masing.

Baca juga : KT&G Indonesia Gelar Kompetisi Desain Bagi Profesional dan Pelajar

"KPK mengundang rekan-rekan jurnalis untuk mengikuti konferensi pers oleh Pimpinan KPK dan Menteri ESDM setelah kegiatan tersebut berlangsung, pukul 12.00 WIB di Ruang Konferensi Pers Gedung Merah Putih KPK," tandas Ipi. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.