Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Top, Wamendes Budi Arie Resmikan Taman Bacaan Digital Pertama Di Sorong

Kamis, 3 Juni 2021 20:34 WIB
Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi meresmikan taman bacaan desa digital di Kampung Malaumkarta, Distrik Makbon, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Kamis (3/6). (Foto: Humas PDTT)
Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi meresmikan taman bacaan desa digital di Kampung Malaumkarta, Distrik Makbon, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Kamis (3/6). (Foto: Humas PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi meresmikan taman bacaan desa digital di Kampung Malaumkarta, Distrik Makbon, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Kamis (3/6).

Taman Bacaan Desa Digital ini merupakan yang pertama di Kabupaten Sorong.

Budi Arie mengatakan, taman bacaan desa digital ini dibangun untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM), yang rajin membaca dan cerdas.

Baca juga : Budi Luhur Kukuhkan Wanita Pertama Jadi Guru Besar Ilmu Manajemen

Menurutnya, penyediaan taman bacaan desa digital penting dilakukan untuk melahirkan generasi-generasi desa yang unggul.

"Pembangunan Indonesia yang merata, adil, dan makmur harus diawali dengan pendidikan dan kesehatan. Nah taman bacaan ini berangkat dari bagaimana menciptakan SDM yang cerdas dan unggul. Caranya, dengan rajin membaca," ujarnya.

Budi Arie menjelaskan, Provinsi Papua dan Papua Barat merupakan daerah yang memiliki jumlah daerah tertinggal yang cukup tinggi.

Baca juga : Gandeng PUPR, Pemkab Tangerang Bangun Perumahan Skala Besar

Setengah dari 62 kabupaten/kota tertinggal di Indonesia terletak di Provinsi Papua dan Papua Barat.

"Kita mau pembangunan Indonesia yang sentris. Jangan sampai kemajuan di Jawa, Sumatera, tidak diimbangi dengan kemajuan di daerah lain," ujarnya.

Taman Bacaan Desa Digital beserta fasilitasnya ini dibangun melalui kerja sama antara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dan Balai Pustaka.

Baca juga : 20 Tahun GPMB Budayakan Minat Baca dan Literasi

Kerja sama pembangunan Taman Bacaan Desa Digital yang serupa, juga akan dilakukan di beberapa desa-desa lainnya.

"Kami harap, pencanangan Taman Bacaan Desa Digital yang pertama di Kabupaten Sorong ini, bisa menjadikan kita semakin bersemangat. Agar masyarakat desa gemar membaca, cerdas, dan bisa membangun Indonesia," papar Budi Arie.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.