Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sandiaga Ungkap RI Bakal Buka Koridor Perjalanan Ke Qatar

Jumat, 4 Juni 2021 17:34 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Ist)
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan Indonesia tengah menjajaki pembukaan koridor perjalanan atau Travel Corridor Arrangement (TCA) dengan Qatar.

Hal itu disampaikan saa bertemu dengan Duta Besar Indonesia untuk Qatar Ridwan Hassan, Kamis (3/6).

Rencana TCA itu dimulai dengan membuka kembali jalur penerbangan langsung dari Doha, Qatar ke Bali. Nantinya, upaya ini akan diperkuat dengan nota kesepahaman (MoU) antarkedua negara, baik di bidang pariwisata maupun soal investasi lain.

“Ini jadi langkah cepat kami untuk memperkuat kerja sama bilateral dengan Qatar di bidang investasi, perdagangan, serta pariwisatanya.

Baca juga : Menkes Canangkan Vaksinasi Untuk Penyandang Disabilitas

Dalam persiapan TCA, dapat diusulkan, mengingat Qatar bisa kembali membuka penerbangan langsung ke Bali, hal ini harus kita koordinasikan dengan Ibu Menteri Luar Negeri (Retno Marsudi)," jelas Sandiaga dalam keterangannya, Jumat (4/6).

Meski dikatakan jumlah kunjungan wisatawan dari Qatar ke Indonesia terbilang sedikit, namun length of stay atau lama menetap wisatawan dari negara itu disebut cukup tinggi.

Menurut data Badan Pusat Statistik, pada 2019 sebanyak 1.989 wisatawan Qatar yang berkunjung ke Indonesia dan untuk length of stay berkisar antara 6 hingga 29 hari.Pada tahun 2018, Qatar juga secara aktif berpartisipasi dalam World Conference on Creative Economy yang dilaksanakan di Bali, Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Duta Besar Indonesia untuk Qatar Ridwan Hassan menyambut baik langkah kerja sama antarkedua negara.

Baca juga : LaNyalla Minta Pemerintah Beri Penjelasan Ke Jemaah

Ia mengatakan perhatian masyarakat Qatar terhadap Indonesia masih tinggi dari segi sosial dan budaya serta mengupayakan bisa membawa wisatawannya lebih banyak datang ke Tanah Air

“Untuk sektor pariwisata memang belum ada MoU, baru ada MoU mengenai kerjasama investasi pariwisata. Namun, di Qatar ini justru peluang kerja sama yang besar ada di sektor ekonomi kreatifnya, karena pemerintah memiliki dukungan yang kuat terhadap sektor ekraf tersebut,” ucap Ridwan.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan bersama CEO QIA/Menteri Negara Qatar Sheikh Abdulla bin Mohammed bin Saud Al-Thani telah menandatangani kerja sama investasi pariwisata pada 1 Agustus 2018 di Jakarta.

Kerja sama ini memungkinkan QIA mengundang investor mitra lainnya untuk berinvestasi bersama di Indonesia.

Baca juga : Serukan Perang Badar Terhadap Korupsi, Firli: Jangan Terpengaruh Kekuasaan!

Untuk itu, melalui pertemuan ini, Kemenparekraf mengharapkan dapat memperkuat hubungan bilateral antara Qatar dan Indonesia yang pernah terjalin sebelumnya, khususnya pada bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.