Dark/Light Mode

Jokowi: Sudah Siap Puasa?

Kamis, 25 April 2019 06:32 WIB
Presiden Jokowi memastikan ketersediaan pasokan dan harga-harga bahan pangan menjelang bulan Ramadhan, yang diperkirakan jatuh pada awal Mei mendatang. (Foto: IG @jokowi)
Presiden Jokowi memastikan ketersediaan pasokan dan harga-harga bahan pangan menjelang bulan Ramadhan, yang diperkirakan jatuh pada awal Mei mendatang. (Foto: IG @jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di saat kompetitornya dalam Pilpres 2019, Prabowo Subianto ke sana ke mari untuk deklarasi kemenangan, Jokowi tetap menjalankan tugasnya sebagai Presiden. Eks Wali Kota Solo itu juga sudah bersiap menjalankan ibadah puasa yang akan dimulai awal bulan depan.

Seharian kemarin, Jokowi menghadiri dua agenda. Pertama, membuka The 21st Jakarta International Handicraft Trade Fair atau Inacraft di Assembly Hall, JCC, Senayan. Jokowi yang didampingi Ibu Iriana, tiba di JCC sekitar pukul 10 pagi.

Keduanya disambut Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Gubernur DKIJakarta Anies Baswedan. Hadir pula Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, serta sejumlah Duta Besar dari negara sahabat.

Baca juga : Pilih Siapa?

Naik ke panggung, Jokowi yang mengenakan kemeja batik hitam kombinasi coklat lengan panjang, membuka gelaran tahunan itu. "Dengan mengucap Bismillah, saya resmi membuka Inacraft 2019," ucap Jokowi.

Seiring dengan itu, mengalun tabuhan rebana. Bersahut-sahutan. Tidak ada gong, seperti pembukaan acara pada umumnya. Dalam sambutannya, Jokowi menekankan agar para perajin bisa meningkatkan ekspor. Dia juga mendukung pelaksanaan Inacraft dilakukan secara online.

"Saya sangat mendukung, karena eranya memang era digital," ucapnya. Setelah menyampaikan sambutan, Jokowi bersama Iriana menuju stan-stan pameran. Dia masuk dan meninjau beberapa stan, di antaranya Paviliun DKI Jakarta, Empathy, Kerajaan Maroko dan beberapa lainnya. Anies mendampingi. Sementara Iriana berpisah.

Baca juga : Jokowi Unggul 50 Suara Di TPS Zulkifli Hasan

Usai meninjau, Jokowi mengaku banyak membeli produk kerajinan tangan. "Banyak, banyak, banyak. Tadi ada Batik Jambi, ada beli kain Betawi juga tadi. Banyak," tuturnya. Dia memuji kualitas produk yang dipamerkan di Inacraft, semakin baik setiap tahun. Produk kerajinan para pelaku UMKM sudah sesuai dengan keinginan pasar.

Selain soal desain, Jokowi juga memuji banyak produk yang menggunakan bahan-bahan baru. Misalnya, biji kapas untuk sutra. "Banyak hal baru yang memang bisa diangkat dari Inacraft ini," pujinya. Dari JCC, Jokowi ke Istana Negara. Agendanya, melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Barnabas Orno. Setelah itu, Jokowi tak ada agenda lagi.

Di Twitter, Jokowi menyinggung bulan Ramadhan yang akan datang sebentar lagi. Dia menanyakan kesiapan netizen menjalankan ibadah puasa. "Sekitar 2 pekan lagi kita memasuki bulan Ramadan. Sudah siapkah kita menyongsong bulan suci ini?" cuitnya di akun @jokowi.

Baca juga : Jokowi di Tanah Suci, Prabowo di Tanah Sentul

Dalam cuitannya itu, Jokowi juga memastikan ketersediaan pasokan bahan-bahan pokok di pasar-pasar dengan harga yang terkendali. Sehingga, umat Islam bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang. Cuitan Jokowi ini dikomentari netizen. Mereka tampak antusias. Hingga dini hari tadi, cuitan ini sudah menuai 631 komentar. Disukai 11.100 dan diretweet 1.900.

"Siap dong, apalagi kalau presidennya tetep bapak hehe. Sehat terus pak," komentar @femmyelmina. Akun @DiarAlJihan juga mencuit yang sama. "Siapp pak!! Asal tetap bapak Pemimpinnya," kicaunya. "Insya Allah siap pak. Semoga negeri ini selalu diliputi senyum kedamaian seperti senyumnya pakde Jokowi," cuit @Rosyid36033352, menyejukkan. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.