Dark/Light Mode

Pasien Corona Melonjak

RS Darurat Wisma Atlet Jadi Benar-benar Darurat

Minggu, 13 Juni 2021 07:50 WIB
Polisi dengan dibantu pihak satuan pengamanan mengatur padatnya lalulintas, tepat replika peti mati jenazah Covid-19, di perempatan Bulungan, Jakarta Selatan, Sabtu (12/6/2021). (Foto: Tedy Kroen/RM)
Polisi dengan dibantu pihak satuan pengamanan mengatur padatnya lalulintas, tepat replika peti mati jenazah Covid-19, di perempatan Bulungan, Jakarta Selatan, Sabtu (12/6/2021). (Foto: Tedy Kroen/RM)

 Sebelumnya 
Menurutnya, kebanyakan pasien adalah warga Jakarta, meski ada juga yang berasal dari daerah penyangga, seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Karena itu, dia mengimbau masyarakat Jakarta dan sekitarnya tetap patuh pada protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sementara itu, berdasarkan data yang disampaikan pemerintah, kemarin, terdapat tambahan kasus aktif Corona berjumlah 7.465 orang. Jumlah ini naik 2.009 kasus dibanding 1 hari sebelumnya. Sehingga total kasus Corona di tanah air sudah mencapai 1.901.490 orang.

Baca juga : Panglima TNI Pelototi Penanganan Corona Di Grobogan

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengakui, provinsi di Pulau Jawa menyumbang kasus harian signifikan dalam beberapa hari terakhir. Dia pun menyayangkan kasus harian di Indonesia kembali menyentuh angka 8.000 lebih sejak Kamis (10/6). Padahal kasus harian mencapai 8.000 terakhir kalinya pada 25 Februari.

Kenaikan ini, lanjut Wiku, menjadi peringatan keras semua pihak untuk segera mengevaluasi sekaligus bersiap diri dengan kemungkinan kenaikan kasus yang lebih tinggi lagi di hari-hari ke depan. “Provinsi di pulau Jawa menyumbang kasus signifikan dalam beberapa hari terakhir,” kata Wiku.

Baca juga : 6 Vaksin Covid Kini Telah Mendapat Izin Darurat Dari WHO

Wiku memerinci, kasus harian di Jawa Tengah mengalami kenaikan hingga 80 persen dalam 10 hari terakhir. Per 10 Juni, kenaikan kasus mencapai 1.500 orang. Adapun, bed occupancy ratio (BOR) atau keterisian tempat tidur untuk pasien Covid-19 di wilayah itu menyentuh 66,89 persen.

Jakarta menjadi provinsi dengan kenaikan kasus harian paling signifikan dalam 10 hari terakhir. Pada 1 Juni, kasus harian bertambah 519 orang, sedangkan 10 hari berselang melonjak mmenjadi 2.091 kasus per hari. “Meningkat lebih dari 300 persen. BOR di DKI menjadi 62,13 persen,” jelasnya.

Baca juga : Naik Lagi, Pasien Covid Di Wisma Atlet Kembali Tembus 2.000 Orang

Selain itu Jawa Barat juga dilaporkan mengalami kenaikan kasus harian mencapai 29 persen dalam dua pekan terakhir dengan BOR 61,75 persen. Jawa Timur mencatat kenaikan kasus harian mencapai 89 persen dalam 10 hari.

“Kenaikan ini cukup tinggi yakni dari 225 kasus per hari pada 1 Juni menjadi 425 kasus per hari,” katanya. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.