Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lantik Kepala BPK Papua, Isma Yatun Minta Pemda Lebih Transparan Kelola Keuangan

Rabu, 16 Juni 2021 14:37 WIB
Anggota Komisi IV BPK Isma Yatun saat melantik Kepala Perwakilan BPK Provinsi Papua, di Jayapura, Papua, Rabu (16/6). (Foto: Ist)
Anggota Komisi IV BPK Isma Yatun saat melantik Kepala Perwakilan BPK Provinsi Papua, di Jayapura, Papua, Rabu (16/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota IV Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Isma Yatun menghadiri acara serah terima jabatan (sertijab) Kepala Perwakilan BPK Provinsi Papua, dari Paula Henry Simatupang kepada Arjuna Sakir, di Jayapura, Rabu (16/6). Paula sendiri kini ditugaskan menjadi Kepala Perwakilan BPK di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Isma Yatun menekankan, serah terima jabatan bukan sekadar acara seremonial dan tradisi belaka. Tetapi, pada hakekatnya memiliki arti yang sangat penting.

Terutama, dalam rangka menjaga kontinuitas pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi, serta menjalin komunikasi, membangun sinergi, dan meningkatkan koordinasi antar pejabat sebagai stakeholder dan mitra kerja BPK Perwakilan Provinsi Papua.

Baca juga : Ganjar Minta Demak Segera Nambah Tempat Isolasi Terpusat

"Sebagai organisasi yang dinamis, BPK secara terstruktur dan sistematis melakukan promosi, rotasi dan mutasi bagi para pejabat dan pegawainya," ujar Isma, di Papua, Rabu (16/6).

Menurut Isma, promosi, rotasi, dan mutasi tersebut merupakan upaya yang harus selalu dilakukan dalam rangka menjaga dan membangun budaya organisasi BPK yang berlandaskan pada nilai-nilai dasar independensi, integritas, dan profesionalisme.

Mutasi terhadap para pejabat struktural di lingkungan BPK ini, kata dia dilakukan tidak hanya didasarkan pada pertimbangan kebutuhan organisasi semata.

Baca juga : Kepala BPIP Pimpin Pengajian Kebangsaan

Tapi juga diharapkan dapat menjadi salah satu cara menyegarkan lingkungan kerja serta pendorong semangat bagi para pejabat terkait, untuk meningkatkan kinerjanya di unit kerja barunya.

Isma kemudian berpesan tiga hal. Pertama, menyangkut amanah dan mandat konstitusi yang diberikan kepada BPK dalam hal pemeriksaan keuangan negara.

Dalam rencana strategis BPK tahun 2020 sampai dengan 2024, kata dia, BPK telah menempatkan diri sebagai pendorong pengelolaan keuangan negara dalam mencapai tujuan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat.

Baca juga : Incar Juara, Madura United Lebih Utamakan Kesehatan Pemain

Kedua, memenuhi tuntutan masyarakat saat ini, yaitu Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangannya.

Isma mengingatkan, masyarakat semakin dewasa dan paham bahwa uang yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan pemerintah merupakan uang yang diamanatkan kepada pengelola pemerintahan. Dengan begitu, keterbukaan penggunaan dana merupakan sebuah keharusan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.