Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemenkes Siapkan Tim Kesehatan Untuk PON XX

Selasa, 8 Juni 2021 21:07 WIB
Ilustrasi (Foto: Ist)
Ilustrasi (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan telah menyiapkan protokol kesehatan (prokes) beserta tim kesehatan khusus untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan berlangsung pada 2-15 Oktober.

Seusai rapat koordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa, Kepala Seksi Kesehatan Olahraga Prestasi Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes dr. Harry Papilaya mengatakan, pihaknya telah mengadakan pelatihan tim kesehatan guna mengawal jalannya PON Papua.

“Pada Juni dan Juli sudah ada kegiatan pelatihan SDM kesehatan untuk mengawal kegiatan PON. Tim kesehatan khusus yang sudah terlatih,” kata Harry dalam jumpa pers virtual yang diikuti di Jakarta, Selasa.

Baca juga : BSI Salurkan Pembiayaan Pertashop Untuk Pesantren

Selain tim kesehatan khusus, ia menjelaskan Kemenkes juga telah menjalankan beberapa program untuk PON Papua, di antaranya vaksinasi atlet dan masyarakat Papua serta penyusunan panduan protokol kesehatan.

“Vaksinasi di Papua sudah sesuai standar dan sudah masuk tahap keempat untuk masyarakat umum,” ucap Harry.

Selain prokes, Kemenkes dan PB PON sudah menyusun beberapa panduan yang disesuaikan dengan lokasi pertandingan dan masing-masing cabang olahraga.

Baca juga : Peduli Korban PHK Giant, Kemnaker Siapkan Pelatihan Vokasi di BLK

Terkait protokol kedatangan peserta PON ke Papua, Kemenkes telah menetapkan para atlet dan ofisial hanya akan diwajibkan menjalani tes swab antigen tanpa kewajiban karantina, sesuai dengan surat edaran tentang perpindahan penduduk antarpulau selama pandemi Covid-19.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman memastikan persiapan PON Papua hingga kini terus berjalan di tengah berbagai permasalahan yang muncul belakangan ini.

“Kesiapan venue masih sesuai. Akomodasi, transportasi, konsumsi dan lain sebagainya sedang dibacarakan, dan akan diselesaikan sesuai harapan,” ujar Marciano.

Baca juga : Malaysia Siapkan Jerat Hukum Untuk Penyebar Hoax Vaksin

“Mengenai keamanan, sudah dapat dukungan penuh dari Polda dan Pangdam di Papua. Mereka maksimal melakukan kegiatan pengamanan agar PON berlangsung aman dan lancar,” pungkasnya. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.