Dark/Light Mode

Kasus Melonjak, Moeldoko Soroti Transparansi Data Covid-19

Jumat, 25 Juni 2021 18:42 WIB
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko membahas transparansi data Covid-19 dengan organisasi masyarakat sipil (civil society organization/CSO), secara virtual di Gedung Bina Graha Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Moeldoko menyampaikan, bahwa Pemerintah menyadari pentingnya transparansi dan akuntabilitas data Covid-19. 

Baca juga : Sah, Walkot Banjarmasin Ibnu Gercep Tangani Covid-19

Namun tantangan terbesar dalam pengumpulan data ini adalah ego sektoral. "Pemerintah fokus pada pembahasan masalah bukan lagi perdebatan akademik," ujar Moeldoko dikutip Antara, Jumat (25/6).

Eks Ketua Umum Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) menekankan, Presiden Jokowi tidak tinggal diam menyikapi persoalan data penanganan Covid-19. Misalnya, soal beberapa temuan di level teknis mengenai serapan anggaran dan keterlambatan pengadaan. 

Baca juga : Kasus Covid-19 Melonjak, Pemprov DKI Tak Izinkan Konvensi ALB Kadin

Moeldoko mengatakan, sejak awal Presiden selalu mengingatkan kementerian dan lembaga agar informasi dilakukan dengan cepat.

Intinya, kata Moeldoko, tindaklanjut berbagai tantangan itu memerlukan koordinasi. Untuk itu, segala arahan atau masukan yang perlu mendapatkan arahan dari Presiden maka akan langsung disampaikan ke Presiden. "Kondisi seperti ini, kita perlu mendapatkan masukan dari segala pihak," jelas Moeldoko.

Baca juga : Kasus Covid-19 Melonjak, NasDem Minta Tempat Wisata Dan Hiburan Ditutup

Deputi II Kepala Staf Kepresidenan, Abetnego Tarigan menambahkan, koordinasi juga dilakukan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Khususnya untuk memperbaharui data, mulai dari penyerapan anggaran, Bed Occupancy Ratio (BOR) rumah sakit, hingga penerapan protokol kesehatan (prokes). [MFA]


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.