Dark/Light Mode

Hari Pancasila, Kapolri Ajak Rakyat Bersatu Lawan Covid-19

Selasa, 1 Juni 2021 13:55 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengajak seluruh elemen masyarakat bersatu dan bergotong royong melawan serta memerangi pandemi Covid-19 dalam merefleksikan Hari Lahir Pancasila.

"Semangat gotong royong merupakan salah satu bentuk merefleksikan peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2021," kata Kapolri di Jakarta, Selasa (1/6).

Menurutnya, bergandengan tangan melawan Covid-19 merupakan wujud generasi penerus bangsauntuk melanjutkan semangat bapak pendiri bangsa Indonesia dalam merumuskan Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Baca juga : Harlah Pancasila, Menperin Ajak Pengusaha Perkuat Struktur Industri

"Menanamkan nilai Pancasila di tengah pandemi dapat dilakukan dengan gotong royong, bersatu, dan bergandengan tangan sebagaimana butir ketiga Pancasila, yakni Persatuan Indonesia," kata Sigit dikutip Antara.

Pancasila, kata Sigit, merupakan kepribadian dan pandangan hidup berbangsa yang menjadi landasan kuat untuk masyarakat dengan pemerintah bersatu menghadapi tantangan pandemi Covid-19 yang terjadi saat.

"Tingginya semangat persatuan dan kesatuan dari seluruh lapisan masyarakat bersama dengan Pemerintah, maka dapat terwujud Indonesia yang tangguh ketika menghadapi virus corona saat ini," ujar Sigit.

Baca juga : Sekjen Kemenkumham : Pancasila Dalam Tindakan Untuk Indonesia Bersatu

Mantan Kapolda Banten itu mengatakan, dengan adanya persatuan, maka efek domino yang terjadi karena pandemi mulai dari perekonomian dan kehidupan sosial dapat teratasi dengan baik.

Refleksi Hari Lahir Pancasila saat ini, lanjut Sigit, dapat diimplementasikan dengan kesadaran berdisiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. 
Selain itu, masyarakat harus memberikan dukungan seluruh kebijakan Pemerintah dalam memutus mata rantai virus SARS-CoV2.

"Kedisplinan prokes dapat menjadi kunci untuk Indonesia segera bisa keluar dari pandemi Covid-19," ujar Sigit.

Baca juga : Pancasila Modal Bangsa Hadapi Pandemi Covid-19

Kapolri mengatakan dukungan masyarakat untuk ikut aktif dalam pelaksanaan PPKM mikro, vaksinasi nasional, penguatan 3M, dan 3T bisa menjadi bentuk nasionalisme atau wujud kecintaan terhadap Pancasila.

"Adanya gotong royong masyarakat dan Pemerintah dalam memerangi Covid-19, maka akan terwujud Pancasila dalam tindakan dan bersatu untuk Indonesia tangguh, katanya. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.